Cara Menambah RAM 1GB Menjadi 4GB dengan Berbagai Langkah

Cara Menambah RAM 1GB Menjadi 4GB dengan Berbagai Langkah

RAM merupakan komponen yang membantu processor mengolah data untuk divisualisasikan ke dalam layar. RAM yang bekerja pada ponsel disesuaikan dengan kapasitasnya sehingga besaran RAM mempengaruhi berapa banyak program yang bisa dijalankan. Begitu pun RAM 1GB yang hanya mampu mengelola program ringan saja hingga dibutuhkan cara menambah RAM 1GB menjadi 4GB.

Pada umumnya, ponsel yang tersedia saat ini sudah dibekali spesifikasi yang mumpuni dan RAM yang cukup besar. Untuk menunjang banyak aktivitas, minimal RAM yang dibutuhkan agar kinerja tetap lancar adalah 3 sampai 8GB. Hal ini akan sulit bagi ponsel yang masih memiliki RAM 1GB. Untuk menambah RAM, simak uraian di bawah.

Menggunakan Aplikasi Swapper

Dengan konsep menghadirkan RAM virtual, Swapper mampu menambah kapasitas RAM agar performa ponsel selalu dalam keadaan prima. RAM 1GB yang terasa sesak bisa diakali dengan menambahkan RAM virtual melalui Swapper dengan pilihan root dan tanpa melalui root. Cara menjalankan Swapper tanpa root adalah sebagai berikut:

  • Untuk menjalankan Swapper tanpa melalui proses root, silakan unduh terlebih dahulu aplikasi Swapper di Google Play Store lalu pasang pada ponsel.
  • Di dalam aplikasi yang sudah terpasang segera aktifkan “Active Swap on Boot”.
  • Pada menu tersebut akan ditemukan tulisan “Swap File Position” lalu klik pada tulisan tersebut dan pilih “SD Card FAT Partition”.
  • Jika sudah, pergi ke pilihan Swap File Size untuk memperoleh jumlah RAM tambahan dan input besaran yang diperlukan.
👉REKOMENDED:  Inilah Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Rusak Mudah dan Ampuh

Swapper tanpa root tersebut sudah berhasil dijalankan. Disarankan agar tidak menambah jumlah RAM melawati jumlah aslinya pada ponsel. Selanjutnya cara menambah RAM dengan Swapper melalui root adalah:

  • Unduh aplikasi Swapper for Root dan rooting ponsel untuk menggunakannya.
  • Unduh juga aplikasi SD-Booster dan jalankan dua aplikasi ini. SD-Booster memiliki fungsi yang sama seperti overclock dalam sistem operasi windows.
  • Pasang Juwe RAM Script, dengan begitu menambah kapasitas RAM virtual pada ponsel selesai dilakukan.

Menambah RAM Virtual dengan RAM Manager

Langkah lain sebagai cara menambah RAM 1GB menjadi 4GB adalah memanfaatkan aplikasi RAM Manager. Aplikasi ini berfungsi untuk membantu RAM asli pada ponsel mengelola data agar lebih optimal dan performanya terjaga. Tidak lupa, hadirnya RAM Manager juga akan menambah kapasitas RAM secara virtual.

👉REKOMENDED:  5 Aplikasi Top Up FF Termurah Paling Direkomendasikan

Untuk mendapatkan manfaatnya, unduh aplikasi RAM Manager melalui Google Play Store atau browser. Setelah proses unduh selesai segera install aplikasi tersebut dan tunggu hingga terpasang lalu buka. Pergilah ke tombol manager dan klik di sana. Aplikasi telah siap untuk membantu RAM bawaan ponsel.

Akali RAM 1GB agar Terasa Lebih Luas

Pada dasarnya, menambah RAM pada ponsel mustahil dilakukan karena RAM telah terpasang dan tidak dapat diganti. Selain diakali dengan cara membuat RAM virtual seperti 2 uraian di atas, pengguna juga perlu memperhatikan kapasitas RAM asli dan membuatnya terasa lebih luas.

Pertama-tama, RAM sesak dapat disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang dimiliki. Hapuslah aplikasi yang jarang digunakan atau bahkan tidak digunakan sama sekali. Memiliki aplikasi yang banyak dalam ponsel membuat kinerja RAM yang kecil semakin merosot. Kembalikan kinerja tersebut dengan memilah aplikasi yang perlu dihapus agar RAM semakin luas.

👉REKOMENDED:  Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Pemula

Pengguna juga bisa menonaktifkan aplikasi bawaan yang sulit dihapus karena kebanyakan aplikasi bawaan tidak bisa dicopot. Rutin juga untuk menghapus file cache yang menjadi salah satu penyumbang terbesar RAM menjadi penuh. Dengan melakukan hal-hal ini, RAM 1GB dapat terasa lebih luas seakan-akan memiliki 4GB RAM.

RAM yang merupakan perangkat bawaan dari ponsel memang tidak bisa diganti begitu saja. Cara menambah RAM 1GB menjadi 4GB ini dilakukan sebagai upaya meningkat kinerja RAM menjadi lebih optimal dengan menggunakan aplikasi tambahan supaya RAM kecil seakan-akan berukuran 4GB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *