5 Cara Mengatasi RAM Penuh yang Paling Ampuh

5 Cara Mengatasi RAM Penuh yang Paling Ampuh

Membuka beberapa aplikasi sekaligus pada perangkat ponsel maupun komputer kadang diperlukan agar pekerjaan dapat dilakukan sekaligus. Ketika perangkat dirasa mulai melambat saat multitasking, bisa jadi karena kapasitas RAM sudah melebihi yang seharusnya. Oleh karena itu, perlu mengetahui cara mengatasi RAM penuh untuk mengembalikan kinerja perangkat.

Ponsel yang menjadi lambat karena RAM penuh akan sulit menerima berbagai perintah dan menyebabkan aktivitas terganggu. Bagi pengguna yang suka memainkan game, ponsel yang lambat tentu menjadi salah satu gangguan terbesar selain jaringan internet. Untuk mengatasinya, simak uraian di bawah ini:

1. Sortir Aplikasi dan Buang yang Tidak Digunakan

Salah satu fungsi RAM adalah membantu chipset/processor di dapur pacu agar ponsel berjalan optimal. Semakin banyak aplikasi yang dipasang, penggunaan RAM juga semakin meningkat. Banyak aplikasi yang tidak disadari hadir dan ikut memenuhi kapasitas RAM begitupun aplikasi yang jarang digunakan.

Beberapa aplikasi bawaan pun kadangkala kehadirannya tidak begitu diperlukan dan hanya memenuhi memori saja. Untuk mengatasi RAM yang penuh, bagi aplikasi ke dalam dua kelompok yang masih digunakan dan yang tidak. Jika aplikasi tidak digunakan dan tidak ada pengaruhnya pada ponsel, hapus aplikasi tersebut untuk mengosongkan space pada RAM sekaligus pada memori.

👉REKOMENDED:  Aplikasi Pemotong MP3, Solusi Membuat Nada Dering Ponsel dengan Mudah

2. Batasi Aplikasi Layar Belakang

Ada aplikasi yang pemakaiannya tidak sering namun tetap diperlukan. Terlebih lagi jika aplikasi tersebut tetap aktif di latar belakang, akan ikut menyedot ruang pada RAM. Untuk menghindari hal tersebut, ubah pengaturan aplikasi agar membuatnya berhenti paksa tanpa perlu menghapusnya pada ponsel.

Pada menu pengaturan pengguna bisa menemukan opsi “Setelan Tambahan” dan carilah “Manajemen Aplikasi”. Disana pengguna bisa mencari aplikasi yang akan dibatasi tersebut dan mengkliknya. Klik pada “Paksa Berhenti” dan juga “Hapus Data”. Dengan ini ruang pada RAM akan bertambah berkat aplikasi yang diberhentikan.

3. Rutin Membersihkan Cache Aplikasi

Ketika membuka aplikasi, ada data yang direkam oleh RAM dengan tujuan untuk mempercepat proses loading ketika aplikasi itu dibuka kembali. Berkat kemampuan ini, pengguna bisa lebih cepat membuka aplikasi selama rekam data tersebut belum terhapus. Data inilah yang disebut dengan cache.

👉REKOMENDED:  Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Indosat dengan Mudah

Meski memudahkan pengguna, file cache yang menumpuk lambat laun memenuhi RAM dan membuat ponsel semakin sesak. Untuk mengatasinya hapuslah file cache secara berkala pada masing-masing aplikasi atau hapus sekaligus secara manual maupun dengan bantuan aplikasi cleaner. RAM yang lega akan mengembalikan kinerja ponsel.

4. Menggunakan Aplikasi untuk Meningkatkan Performa Android

Telah banyak digunakan pengguna, aplikasi untuk meningkatkan kinerja ponsel ini diakui memberikan hasil yang signifikan. Memanfaatkan aplikasi booster merupakan salah satu cara mengatasi RAM penuh yang bisa dicoba agar kinerja ponsel lebih optimal. Dengan performa yang baik, pengalaman multitasking akan lebih menyenangkan.

Ada banyak aplikasi booster yang dapat ditemukan pada toko aplikasi diantaranya, Clean Master, CM Booster, 1 Tap Booster dan lain-lain. Aplikasi ini dapat diunduh gratis dan pengguna tinggal memasangnya saja di android. Jalankan perintah yang diinstruksikan untuk merasakan performa yang membaik.

5. Mengecilkan File dengan Kompresi

Mengoleksi foto di ponsel memudahkan pengguna untuk menemukannya kembali suatu saat. Hal yang terkadang tidak disadari adalah foto-foto yang semakin banyak mulai memenuhi memori. Sayangnya jika pengguna menyimpannya pada Cloud, diperlukan internet untuk mengakses data pada penyimpanan besutan Google ini.

👉REKOMENDED:  Beginilah Cara Mengatasi HP Patah-patah Saat Main Game Free Fire

Agar lebih mudah kompres foto agar ukurannya dapat diperkecil hingga kembali menyediakan ruang pada RAM. Dengan begitu membuka kembali file tidak memerlukan koneksi internet. Selain foto, file lain pun dapat dikompresi demi menghemat penggunaan memori dan RAM.

Cara mengatasi RAM penuh ini harus dilakukan ketika ponsel mulai terasa lambat dan kinerjanya menurun. Pengguna bisa melakukan cara-cara di atas secara berkala untuk menghindari RAM penuh suatu saat. Dengan cara ini, kinerja ponsel dijamin lebih baik dan penggunaan aplikasi maupun game tidak terhambat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *