5 Cara Mengatasi Wifi Lemot di HP OPPO Dijamin Jitu dan Ampuh

5 Cara Mengatasi Wifi Lemot di HP OPPO Dijamin Jitu dan Ampuh

Jaringan WiFi yang lemot tentu saja sangat tidak menyenangkan, apalagi koneksi jaringan adalah salah satu hal yang paling dibutuhkan ketika beraktivitas dengan smartphone. Bagi para pengguna smartphone dari merk Oppo, tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa tahap mengenai bagaimana cara mengatasi WiFi lemot di HP Oppo. Cara-caranya dijamin jitu dan ampuh untuk mempercepat jaringan WiFi smartphone pengguna:

 1. Menghapus Data Cache

Cache merupakan enkripsi untuk menyimpan data sementara dari suatu aplikasi. Pada dasarnya data cache ini sangat berguna bagi pengguna. Jika terlalu banyak tersimpan dan menumpuk di memori smartphone tanpa pernah dibersihkan. Data cache ini akan menghalangi performa smartphone dan membuatnya menjadi lemot. Termasuk akan mempengaruhi jaringan dan koneksi internet smartphone seperti jaringan WiFi.

Jadi, data cache yang dihapus akan sangat membantu dalam mengatasi WiFi lemot dan mempercepat jaringan HP Oppo. Menghapus data cache ada baiknya dilakukan secara berkala, karena manfaatnya sangat besar bagi smartphone. Tidak hanya mempercepat jaringan namun juga bisa meningkatkan kinerja smartphone.

👉REKOMENDED:  7 Aplikasi Pembuat Mind Mapping Pengasah Otak

2. Mengubah Tampilan Web menjadi Versi Mobile

Cara mengatasi WiFi lemot di HP Oppo selanjutnya adalah mengubah tampilan web  pada smartphone menjadi mobile. Untuk menerapkannya sangatlah mudah, caranya adalah ketika pengguna membuka atau mengakses suatu web. Pengguna bisa mengkompres atau menurunkan ukuran web tersebut agar sesuai dengan smartphone. Nantinya tampilan web akan menjadi versi mobile daripada versi yang sebenarnya.

Membuka web pada versi asli pada smartphone Oppo akan sangat membebani baik smartphone maupun jaringan. Lebih banyak data yang diproses dan lebih rumit pula sehingga jaringan WiFi bisa semakin lemot. Mengubah tampilan web ke versi mobile, data yang diolah akan jauh lebih sedikit sehingga jaringan WiFi bisa menjadi semakin cepat.

3. Memblokir Iklan

Salah satu penyebab mengapa jaringan WiFi bisa lemot adalah karena terlalu banyak data yang harus diproses dalam waktu bersamaan. Sebaiknya memblokir iklan akan dapat mengurangi data yang harus diproses. Iklan memang sangat banyak muncul ketika pengguna mengakses internet, iklan yang notabenenya kurang diperlukan. Akan menyia-nyiakan proses data jaringan WiFi yang digunakan. Memblokir iklan maka data yang diproses akan lebih sedikit sehingga akan memproses jaringan yang digunakan termasuk jaringan WiFi.

👉REKOMENDED:  Cara Melihat Pengguna WiFI yang Aktif dan Memblokir Pengguna Asing

4. Menggunakan VPN

Tidak hanya di HP Oppo, di berbagai smartphone dengan basis sistem operasi android laIn menggunakan VPN memang terbukti ampuh untuk mempercepat jaringan WiFi. Dalam aplikasi Play Store sendiri sudah banyak aplikasi VPN yang bisa di download dan mudah digunakan untuk para pengguna.

Ada spekulasi bahwa penggunaan VPN pada smartphone android ini kurang aman bagi keamanan pengguna. VPN memiliki resiko kebocoran data para pengguna yang menggunakan aplikasi VPN. Untuk alasan keamanan, lebih baik menyimpan data-data penting di tempat lain dan jangan di smartphone yang disambungkan dengan VPN.

5. Menggunakan Aplikasi untuk Mempercepat Koneksi Internet

Di Play Store, ada banyak aplikasi dengan fungsi mempercepat koneksi internet yang terbukti memang bisa bekerja dengan baik. Aplikasi untuk mempercepat koneksi internet ini juga bisa mempengaruhi kecepatan jaringan WiFi. Para pengguna tinggal mendownload aplikasi mempercepat koneksi internet yang diinginkan dan melakukan beberapa pengaturan penyesuaian. Maka koneksi internet yang cepat dan lebih stabil bisa dinikmati.

👉REKOMENDED:  Pengertian Ubuntu Server, Sejarah dan Manfaat yang diperoleh

Itulah 5 cara mengatasi WiFi lemot di HP Oppo, sebenarnya cara-cara tersebut tidak hanya bisa dilakukan oleh smartphone Oppo saja. Smartphone dari merk yang lebih umum seperti Vivo, Xiaomi, Samsung dan sebagainya juga bisa mencoba cara-cara di atas untuk mempercepat jaringan WiFi. Mungkin saja ada pengaturan yang sedikit berbeda karena smartphone berasal dari pengembang yang berbeda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *