5 Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi pada Laptop dan Cara Mengatasinya

5 Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi pada Laptop dan Cara Mengatasinya

Keyboard bisa dibilang merupakan salah satu komponen laptop yang mudah dan sangat rentan rusak. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab keyboard tidak berfungsi pada laptop, namun itu bukan berarti keyboard rusak dan harus segera diganti. Sebelum memutuskan keyboard rusak, para pengguna harus mengetahui penyebabnya lebih dahulu.

Ada beberapa masalah pada keyboard yang sebenarnya bisa diatasi sendiri oleh pengguna. Berikut ada cara mengatasi keyboard yang tidak berfungsi sekaligus cara mengatasinya agar keyboard bisa berfungsi kembali. Tanpa harus membawa ke tukang servis apalagi mengganti keyboard dengan komponen yang baru.

1. Keyboard Kotor

Umumnya memilih desain yang berongga di antara tuts untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan keyboard. Desain inilah yang membuat keyboard rentan kotor dan berdebu. Apalagi jika keyboard sering digunakan di luar ruangan, peluang debu masuk ke sela-sela keyboard akan lebih terbuka. Jika kotoran menumpuk di keyboard akan menyebabkan keyboard menjadi error dan tidak berfungsi.

Solusi dari hal ini adalah tentu saja dengan membersihkan keyboard. Ada banyak alat yang bisa digunakan untuk membersihkan keyboard. Mulai dari lap biasa sampai penyedot debu mini, pastikan membersihkan keyboard dalam keadaan laptop mati. Ada baiknya membersihkan keyboard ini dilakukan secara rutin agar keyboard selalu bersih dan bebas error.

👉REKOMENDED:  Apa Itu Kuota Aplikasi Edukasi? Simak Cara Mengaktifkannya di 5 Operator Ini

2. Sistem Windows yang Crash

Penyebab keyboard tidak berfungsi pada laptop selanjutnya adalah sistem windows yang crash. Hal ini mungkin saja terjadi, apalagi setelah pengguna menginstall software atau aplikasi baru yang sistemnya bertabrakan dengan sistem operasi laptop. Agar bisa kembali ke kondisi semula, solusinya adalah dengan melakukan restore windows.

Windows memiliki fitur ‘System Restore’ pada menu Control Panel. Setelah melakukan restore, coba kembali apa keyboard sudah bisa berfungsi atau belum. Jika belum proses restore bisa diulangi lagi.

3. Adanya Serangan Virus dan Malware

Keyboard juga bisa terkunci fiturnya jika laptop diserang oleh virus dan malware. Hal ini salah satu tindak pengamanan dari sistem operasi laptop sendiri. Tentu saja, untuk solusi keyboard yang tidak berfungsi karena virus dan malware. Pengguna harus melakukan scanning laptop menggunakan antivirus. Proses scanning laptop juga ada baiknya dilakukan secara rutin untuk memastikan laptop terbebas dari virus dan malware.

👉REKOMENDED:  Cara Mengatasi Data Seluler Tidak Muncul Indosat dengan Mudah

4. Arus Baterai

Salah satu penyebab keyboard tidak berfungsi yang sering terjadi adalah karena arus baterai. Untuk penyebab satu ini, solusinya adalah melepas baterai secara paksa, kemudian memasangnya lagi dan menyalakan laptop secara paksa. Jika laptop bisa menyala dan segera cek kembali fungsi keyboard. Jika keyboard bisa berfungsi dengan normal, mungkin ada masalah dengan baterai laptop yang digunakan.

5. Konektor Keyboard yang Tidak Terpasang dengan Baik

Ada kalanya hanya sebagian keyboard saja yang tidak bisa berfungsi sedangkan bagian lainnya bisa berfungsi dengan normal. Penyebab dari hal ini kemungkinan besar adalah konektor keyboard yang tidak terpasang dengan baik. Bisa saja konektor keyboard terpasang dengan tertekuk, renggang, atau malah terlepas dari slot tempat semestinya. Sehingga menyebabkan sebagian keyboard menjadi error.

👉REKOMENDED:  Perbedaan RAM DDR3 dan DDR4 yang Harus Diketahui Sebelum Membeli Laptop

Untuk memperbaiki penyebab satu ini, maka pengguna harus membongkar laptop terutama di bagian keyboardnya. Konektor keyboard biasanya ada di bagian dalam laptop terutama di bagian bawah keyboard. Harusnya cara membongkar bagian ini bisa jadi cukup sederhana, namun bagi pemula yang merasa tidak yakin. Lebih baik untuk membawanya ke tukang servis atau ke orang yang lebih berpengalaman untuk diperiksa.

Itulah 5 penyebab keyboard tidak berfungsi pada laptop begitu juga dengan cara memperbaikinya. Cara-cara di atas bisa diikuti, bila saja keyboard tiba-tiba tidak bisa digunakan di tengah aktivitas. Tidak perlu panik dan ikuti saja langkah-langkah di atas agar keyboard bisa berfungsi lagi dengan normal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *