cara membersihkan ram hp samsung

Cara Membersihkan RAM HP Samsung Terbukti Berhasil

RAM dapat diibaratkan sebagai ruang penyimpanan dalam HP, hardware satu ini sangat berpengaruh pada kecepatan HP. Semakin kosong penggunaan maka akan semakin cepat pula kecepatan saat digunakan, begitu pula sebaliknya. Bagaimana cara membersihkan RAM HP Samsung? Pertanyaan ini membawa pembaca ke dalam suatu fakta bahwa setiap jenis HP memiliki caranya tersendiri dalam membersihkan RAM.

Xiaomi misalnya yang menyediakan aplikasi tersendiri yang berada pada menu screen. Jadi, penggunanya akan selalu ingat untuk selalu membersihkan RAM. Hal ini berlaku pada Samsung, faktanya brand HP asal Korea Selatan ini memiliki tiga cara dalam membersihkan RAM dari HPnya. Berikut cara mudah untuk membersihkan RAM HP Samsung antara lain:

Solusi Membersihkan RAM secara Menyeluruh

Langkah pertama yang harus dilakukan sebagai cara membersihkan RAM HP Samsung yaitu pembersihan secara menyeluruh. Maksud dari kata ‘menyeluruh’ yaitu pembersihan yang dilakukan oleh device care melingkupi keseluruhan aspek yang ada di Samsung. Aspek yang dicakup bukan hanya aplikasi saja tetapi lainnya bisa saja berupa foto.

👉REKOMENDED:  Cara Mengatasi Lag Free Fire RAM 2GB dengan Mudah

Kondisi yang terjadi pada penghapusan ini secara otomatis. Dengan demikian seseorang tidak mengetahui secara pasti apa saja yang dihapuskan. Bagi yang tertarik menggunakan solusi ini untuk mempersingkat waktu. Berikut cara membersihkan RAM HP Samsung melalui Device Care antara lain:

  • Masuklah ke Dalam Menu Pengaturan dan Pilih ‘Device Care’

Langkah pertama yang harus pembaca lakukan yaitu masuk ke dalam menu screen, kemudian cari menu ‘pengaturan’. Setelahnya, akan ditampilkan sejumlah kotak pilihan yang dapat pengguna pilih sesuai dengan permasalahan atau kebutuhan pembaca saat ini. Sesuai dengan permasalahan dimana akan membersihkan RAM maka pilihlah kotak pilihan ‘Device Care’.

  • Pilih ‘Clean Now

Setelah pembaca memilih kotak pilihan ‘Device Care’ maka akan muncul tampilan angka seberapa optimalisasinya kondisi HP saat ini. Tujuannya agar pengguna dapat langsung mengambil keputusan untuk pemeliharaan HP. Pada bagian bawah tertera pilihan ‘battery’, ‘Storage’, ‘Memory’, dan ‘Security’. Pilih ‘storage’ sebab yang harus dibersihkan adalah penyimpanannya. Kemudian, pembaca dapat memilih ‘clean now’ untuk memulai pembersihan penyimpanan.

👉REKOMENDED:  Apa Saja Aplikasi Rekam Layar Samsung, Simak Ulasannya

Solusi Membersihkan RAM Melalui Penghapusan Aplikasi

Kalau cara yang sebelumnya bersifat otomatis, cara yang kedua ini bersifat manual. Dapat dikatakan manual karena cara penghapusannya berdasarkan keinginan dari pengguna. Keuntungannya pengguna dapat memilih aplikasi mana yang memorinya akan dihapuskan. Penasaran bagaimana cara kerjanya? Berikut langkah-langkah yang harus pengguna lakukan adalah:

  • Masuk ke Dalam Menu Pengaturan dan Pilih ‘Aplikasi’

Seperti biasa, pengguna harus masuk ke dalam menu screen, kemudian cari menu pengaturan. Pada tampilan pengaturan akan ditampilkan sejumlah kotak pilihan maka pengguna cukup memilih kotak pilihan ‘Aplikasi’. Nantinya, tampilan kotak ‘aplikasi’ ini berisikan aplikasi yang ada didalam HP.

  • Pilih Hapus Memori

Pengguna harus memilih satu aplikasi terdahulu kemudian diproses dan lakukan seperti itu secara berulang-ulang. Contohnya terdapat aplikasi Tokopedia, bayangkan di dalam HP pengguna memiliki aplikasi Tokopedia. Kemudian pilihlah kotak pilihan ‘Tokopedia’. Ketika terbuka maka pengguna cukup memilih kotak pilihan ‘Penyimpanan’. Kemudian, akan ditampilkan dua pilihan yaitu ‘Hapus Data’ dan ‘Hapus Memori’. Pilihlah ‘Hapus Memori’ dan pastikan memori tersebut telah kosong.

👉REKOMENDED:  5 Penyebab Keyboard Tidak Berfungsi pada Laptop dan Cara Mengatasinya

Setiap cara membersihkan RAM HP Samsung memiliki hasil yang berbeda-beda. Sesuaikan penghapusan RAM ini dengan keinginan dari pengguna dan jangan sampai salah. Banyak orang sudah melakukannya dan terbukti RAM jadi lebih bersih dan luas. Jadi, HP yang dimiliki tidak akan terasa lemot lagi saat digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *