Emiten Saham yang Wajib Anda Tahu Sebagai Seorang Investor (pinterest)
Emiten Saham yang Wajib Anda Tahu Sebagai Seorang Investor (pinterest)

Emiten Saham yang Wajib Anda Tahu Sebagai Seorang Investor

Emiten merupakan hal yang sangat familiar dalam dunia pasar modal, apalagi investasi. Biasanya bila bank negeri atau swasta melakukan sebuah penawaran efek, maka disebut dengan istilah ini.

Istilah ini juga ditautkan dengan berbagai perusahaan yang berada dalam bursa efek. Agar semakin paham mengenai istilah yang ada dalam saham ini, simak ulasan berikut.

Definisi Emiten Saham

Sesuai yang sudah dipaparkan di atas bahwa istilah dalam saham ini merupakan sebuah perusahaan. Lalu perseorangan maupun kelompok yang memperjualbelikan efek. Untuk prosedur pelaksanaannya, sudah diatur dalam sebuah peraturan yaitu undang-undang dasar. Untuk pilihan efek yang bisa dibeli investor berupa saham, obligasi, serta surat berharga lainnya.

Fungsi Emiten

Istilah dalam saham ini awalnya ada dengan tujuan untuk memberikan kesempatan untuk pelaku bisnis. Mulai dari micro maupun makro untuk memperoleh tambahan modal.

Selain itu, emiten juga mewadahi investor untuk melakukan investasi. Sehingga mampu menambah keuangannya. Namun untuk fungsi yang paling menonjol yaitu mengajukan tawaran surat berharga kepada khalayak umum.

👉REKOMENDED:  Cara Mengatasi ATM Tertelan yang Berlaku di Semua Bank

Lalu menata dana yang didapatkan dengan seefektif dan semaksimal mungkin agar hasilnya dapat dipertanggungjawabkan melalui sebuah LPJ.

Syarat Agar Dapat Menjadi Emiten

Tentu saja tidak semua perusahaan yang bergelut dalam dunia bisnis bisa dikatakan sebagai emiten. Akan tetapi, ada syarat-syarat khusus. Syarat tersebut harus dipenuhi perusahaan atau perseorangan tersebut.

  • Mempublikasi sekuritas yang akan diperjualbelikan kepada investor
  • Perusahaan yang bergelut dalam dunia bisnis harus memiliki izin secara hukum. Sehingga legal dan bebas mempublikasi efek. Seperti saham, obligasi, dan lain-lain.
  • Menyerahkan informasi yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan kepada sekuritas

Perbedaan Perusahaan Umum Dengan Emiten

Biasanya kebanyakan orang masih salah kaprah dalam memahami definisi maupun fungsi keduanya. Padahal keduanya jelas-jelas memiliki fungsi yang berbeda.

Apabila perusahaan publik itu sudah mencantumkan dengan jelas nominal setoran saham. Selain itu, juga nominal pemegang saham atau investornya.

👉REKOMENDED:  Saham Biasa adalah Jenis Kepimilikan, Ciri dan Keuntungan Khusus

Sedangkan emiten merupakan perusahaan, perseorangan, atau kelompok yang mempublikasikan efek untuk dijual kepada investor. Berdasarkan dua definisi tersebut keduanya sebenarnya jauh berbeda.

Nantinya istilah dalam saham ini akan berupaya untuk mempublikasi jenis-jenis efek yang tersedia. Namun tetap mengerahkan berbagai upaya terbaik untuk menata dananya.

Contoh Dari Berbagai Sektor Usaha

Walaupun pada definisi yang aslinya emiten ini tidak hanya diperuntukkan untuk perusahaan. Akan tetapi, memang kebanyakan sosok istilah saham ini berasal dari perusahaan.

Perkebunan

Contohnya yaitu Jaya Agra Wattie Tbk, Sampoerna Agro Tbk, Austrindo Nusantara Jaya Tbk, dan Mahkota Group Tbk.

Pertambangan

Seperti Kapuas Prima Coal Tbk, Vale Indonesia Tbk, Atlas Resource Tbk, dan Borneo Lumbung Energi dan Metal Tbk.

Finansial

Mulai dari Bank Central Asia Tbk, Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk, dan Wahana Ottomitra Multiartha Tbk.

👉REKOMENDED:  Produk Manulife Saham Andalan dengan Investasi Reksadana

Tujuan Jual Beli Efek yang Dilakukan 

Tentunya dalam melakukan proses transaksi kepada investor ini emiten juga memiliki sebuah tujuan. Berikut beberapa tujuannya.

Memperbaiki susunan modal yang sudah diperoleh. Jual beli saham yang dilakukan juga memiliki tujuan untuk memukul rata. Mulai dari modal asing dengan modal pribadi.

Mengadakan pindah tangan kepemilikan saham. Agar saham yang diperoleh bisa stabil dapat dilakukan dengan pindahnya kepemilikan saham.

Pengembangan bisnis. Melalui modal yang sudah diperoleh perusahaan bisa melebarkan sayap bisnisnya. Bahkan mampu mulai merambah berbagai sektor yang diinginkan. Oleh sebab itu, banyak orang yang menyukai emiten saham ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *