Cara Investasi Saham, Dengan Mudah Tanpa Ribet (quora.com)
Cara Investasi Saham, Dengan Mudah Tanpa Ribet (quora.com)

Cara Investasi Saham, Dengan Mudah Tanpa Ribet

Cara investasi saham sebenarnya ada banyak. Sehingga masih ada banyak orang yang belum tahu 100% dengan cara yang paling tepat untuk melakukan investasi. Meski keuntungan risiko yang cukup tinggi, kegiatan investasi tidak selalu rugi. Sebab potensi keuntungan besar.

Ada berbagai cara untuk melakukan investasi saham, kebanyakan orang mengatakan kalau cara berinvestasi saham itu sulit. Padahal, investasi saham merupakan kegiatan yang sangat menguntungkan. Dengan berinvestasi saham, Anda bisa melakukan apapun.

Dengan keuntungan Anda bisa menggunakannya untuk membuka peluang bisnis lainnya. Sebab dengan melakukan investasi saham, berarti Anda sama saja dengan membeli perusahaan yang bersangkutan.

Berikut Ini Cara Investasi Saham yang Paling Mudah

Anda perlu memenuhi langkah-langkah yang perlu dilakukan ketika melakukan investasi saham. Seperti memilih perusahaan sekuritas, mempersiapkan dokumen persyaratan, setor dana, unduh aplikasi pembeli saham, transaksi saham, dan settlement.

Pilih Perusahaan Sekuritas

Untuk memulai investasi saham, Anda perlu memilih perusahaan sekuritas. Hal ini bertujuan untuk membuka rekening efek dan rekening dana nasabah. Rekening ini nantinya digunakan untuk menyimpan saham yang Anda miliki.

👉REKOMENDED:  Cara Buka Rekening BNI Syariah Via Online dan Langsung

Sementara RDA digunakan untuk menyimpan uang yang ditransaksikan untuk jual beli saham. RDA dikelola bank, sampai saat ini ada sekitar 16 bank yang bekerjasama dengan kustodian sentral efek Indonesia.

Menyertakan  Dokumen Persyaratan

Langkah kedua dalam cara investasi saham adalah mempersiapkan dokumen. Anda perlu mempersiapkan KTP, NPWP, fotokopi buku tabungan, dan materai 6 ribuan. Berkas tersebut nantinya dikirim bersama dengan formulir pendaftaran ke kantor perusahaan sekuritas.

Sektor Dana Ke RDN

Selanjutnya Anda bisa melakukan setor dana ke rekening dana nasabah yang memiliki single investor identification. Setelah rekening Anda jadi, Anda bisa memasukkan sejumlah dana ke dalamnya, dan hal tersebut bersifat wajib.

Unduh Aplikasi untuk Membeli Saham

Selanjutnya cara investasi saham adalah mengunduh sebuah aplikasi untuk membeli saham. Anda bisa mengunduh salah satu aplikasi trading saham di Google Play atau App Store. Setiap perusahaan sekuritas tentu memiliki nasabah untuk membeli saham dan menjual saham.

Transaksi Saham

Anda perlu ingat dan mencatatnya, pasar saham hanya melayani pembelian dan penjualan saham dari hari Senin hingga Jumat. Sesi satunya berlangsung dari jam 09.00 hingga 12.00. Untuk sesi ke-2 akan berlangsung dari pukul 13.30 hingga 16.00, ketika hari Jumat akan dimulai dari jam 14.00.

👉REKOMENDED:  Cara Klaim Asuransi Bank BRI Mudah Tidak Perlu Keluar Rumah

Jumlah minimal saham yang dapat Anda beli adalah 1 lot atau setara dengan 100 lembar. Jika per lembarnya seharga 300 perak, maka jika Anda membeli 1 lot berarti 300 x 100 = 30 ribu. Biaya ini masih belum termasuk biaya transaksi sekuritas.

Dalam investasi saham, Anda perlu mengetahui beberapa istilah seperti settlement, bind, offer, buy, dan sell. Nantinya istilah ini akan Anda temui dalam aplikasi saham.

Buy dan Sell

Menu ini nantinya bisa Anda gunakan untuk membeli atau menjual saham. Nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan jumlah lot yang ingin Anda jual beserta harganya. Jika Anda ingin membeli di bawah harga pasar, Anda tinggal memasukkan nominal harganya di kolom. Hal Ini juga akan Anda lakukan ketika menjualnya.

👉REKOMENDED:  Syarat dan Cara Membuat Rekening Mandiri Untuk Mahasiswa, Buat Tabungan Uang Kuliah Nih!

Bid dan Offer

Dual ikon tersebut terdapat di bawah harga saham dari perusahaan, bentuknya seperti kolom. Untuk transaksi saham memang mirip dengan transaksi saham. Untuk harganya akan tertera pada bagian atas, namun akan ada banyak penjual yang mematok harga cukup tinggi.

Ketika Anda ingin menunggu dan membeli harga yang lebih murah, maka Anda harga penawaran Anda akan masuk kolom bit. Ketika ingin membeli langsung juga bisa.

Settlement

Penyelesaian transaksi pada bursa. Anda bisa menjual saham dalam dua hari setelah transaksi berlangsung. Pihak sekuritas akan mentransfer uang, dan Anda bisa menariknya ke rekening pribadi.

Pahami istilah dalam investasi saham dan cara investasi saham. Anda juga bisa melakukan investasi saham online yang tak kalah mudah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *