Mengenal Bid Offer Saham, Belajar Saham Bagi Pemula

Mengenal Bid Offer Saham, Belajar Saham Bagi Pemula

Bid offer saham merupakan dua istilah berbeda yang berlaku dalam dunia investasi. Sama seperti dunia bisnis lainnya yaitu ada penawaran beli ada penawaran jual. Dalam dunia saham keduanya mempunyai peran penting,  sebagaimana penting pula mempelajari keduanya.

Investasi sebelum era digital ini, hanya dilakukan oleh para elit menengah ke atas. Namun sejak smartphone menjamur, semua serba digitalisasi, tak terkecuali dunia investasi. Kemudian muncullah platform yang membantu orang-orang untuk berinvestasi mulai 100 ribu rupiah bahkan.

Bagi Anda yang sering melihat iklan ajak untuk berinvestasi, Anda tentu harus paham maksud, investasi, saham, trading dan lain sebagainya. Hal ini menjadi penting dengan banyaknya tawaran atau ajakan untuk berinvestasi secara online. Mereka mengajak dengan iming iming sejuta keuntungan dan nihil risiko. Bila Anda enggan belajar dan memahami dunia investasi yang sesungguhnya, maka besar kemungkinan Anda akan terjatuh di sana.

Pengertian Bid Offer Saham dan Mekanisme

Saham adalah bukti kepemilikan modal seseorang atau lembaga dalam suatu perusahaan pelakunya disebut shareholder atau investor. Trading adalah Anda yang melakukan transaksi saham di pasar modal namun dengan pelakunya disebut trader. Perbedaan antara keduanya adalah tempo waktu, saham adalah investasi dalam jangka panjang, sedangkan trader investasi dalam tempo singkat.

👉REKOMENDED:  Produk Manulife Saham Andalan dengan Investasi Reksadana

Di dalam investasi, pembelian saham tidak asal, melainkan harus melalui beberapa tahap penting. Begitupun dalam menentukan penjualan saham, mengambil keuntungan dan menghindari kerugian. Semua tahap dalam menjalaninya perlu ilmu, analisa agar terhindar dari segala risiko dan kemungkinan buruk.

Investasi yang menawarkan sejuta keuntungan tanpa risiko adalah pembodohan besar. Hal ini karena, investasi memiliki risiko yang tidak mudah pula. Biasanya semakin besar menawarkan keuntungan, sebesar itulah risikonya.

Setelah membaca beberapa hal dasar dari dunia investasi, Anda akan kami ajak mengenal istilah yang digunakan dalam pembelian dan penjualan dunia saham yaitu bid offer saham.

Pengertian Bid

Bid adalah penawaran beli, antrean beli atau minat beli seseorang terhadap suatu saham. Apabila Anda hendak membeli harga saham dengan cara mengantre, maka Anda berada pada posisi bid. Istilah ini bisa digunakan pula bila Anda ingin membeli sebuah saham, tetapi dengan harga rendah dibanding harga terakhir.

👉REKOMENDED:  Inilah Syarat Pengajuan Kartu Kredit BCA, Lengkap dengan Cara Mengajukannya

Bila anda akan melangsungkan akad, Anda harus mengeluarkan harga yang akan Anda tawarkan pada saham tersebut. Posisi ini disebut dengan bid price dalam istilah saham Ketika Anda di posisi bid, anda harus mendapatkan penjual yang menawarkan saham di harga bid price yang sudah Anda tentukan agar terjadi transaksi. Hal ini agar transaksi terjadi.

Pengertian Offer

Offer adalah penawaran jual, antrean jual ataupun minat jual. Offer adalah bila Anda ingin menjual saham dengan cara mengantre, maka Anda bisa memilih harga saham pada posisi offer.

Contoh kasus

Pak Roni Ingin membeli saham properti suatu perumahan dengan kode P, Pak Roni ingin menawarkan bid dengan nilai 1050 rupiah dan membeli 100 lot saham. Kondisi seperti ini akan terjadi banyak antrean dengan harga yang sama. Hal yang bisa Anda lakukan bila ingin mendapatkan saham tersebut adalah meningkatkan tawaran bid.

👉REKOMENDED:  Saham Biasa adalah Jenis Kepimilikan, Ciri dan Keuntungan Khusus

Mekanisme

Bid offer saham menunjukkan seberapa besar permintaan dan penawaran dalam proses jual beli saham. Semakin besar permintaan, maka harga akan semakin besar. Begitupun sebaliknya, bila banyak yang menawarkan, maka harga cenderung turun. Bisa juga menunjukkan apakah suatu saham itu mempunyai banyak peminat.

Belajar bid offer saham memang sedikit rumit, tapi bila itu Anda jalani sambil mengaplikasikan, maka akan terasa ringan. Bila Anda masih ragu untuk berinvestasi, belajarlah agar semua mendapatkan keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *