aplikasi yang boros kuota

Waspada Aplikasi yang Boros Kuota di Smartphone

Kuota internet merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan agar dapat berselancar di dunia maya. Akan tetapi, ternyata ada juga aplikasi yang boros kuota dan bahkan tidak disadari oleh pengguna ketika memainkannya. Kemudian ketika pengguna melihat kuota mungkin akan menunjukkan pengurangan yang cukup banyak atau secara drastis dari jumlah awalnya.

Beberapa aplikasi juga ternyata harus diwaspadai dan diperhatikan dengan seksama karena akan membuat lupa waktu serta menguras banyak kuota. Pada sisi lain, mungkin saja beberapa aplikasi tersebut menjadi fokus utama dalam kegiatan atau beraktivitas. Oleh karena itu, simak penjelasan mengenai aplikasi yang boros kuota dalam daftar berikut ini:

1. Aplikasi YouTube

Siapa yang tidak tahu aplikasi satu ini, di mata anak muda rasanya aplikasi ini sudah terkenal dan merupakan sumber berbagai informasi. YouTube menjadi salah satu aplikasi yang boros kuota karena ketika menggunakannya, pengguna akan menonton video. Akan tetapi, tidak perlu khawatir karena YouTube memiliki fitur yang dapat mengubah resolusi sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

2. WhatsApp Messenger

Beralih ke aplikasi selanjutnya yang fokus untuk chatting yaitu WhatsApp Messenger yang lebih banyak dipilih karena lebih stabil dengan jaringan. Ternyata WhatsApp dapat mengambil cukup banyak kuota jika diaktifkan fitur download otomatis pada video atau foto. Nah, untuk mengatasinya dapat pengguna lakukan dengan menonaktifkan fitur otomatis tersebut.

3. LINE: Free Calls & Messages

Aplikasi selanjutnya adalah LINE, serupa dengan WhatsApp yang juga fokus dan menawarkan fitur chatting. Beberapa perbedaannya hanya terletak pada desain visual dan beberapa tambahan fitur seperti berita atau album yang dimiliki LINE. Oleh karena itu, LINE menjadi aplikasi boros kuota karena fitur tambahan, ketika video call, maupun telepon biasa hingga 8 Mb.

Baca Juga  Inilah 5 Aplikasi Pencari Jodoh Indonesia Dijamin Real

4. Canva: Graphic Design, Video Collage, Logo Maker

Kemudian Canva yang fokus menjadi aplikasi desain dan menawarkan beberapa fitur ramah untuk pengguna yang baru belajar desain. Oleh karena Canva terdiri dari banyak gambar yang luar biasa resolusinya, maka juga menyebabkan banyaknya kuota yang tersita. Ditambah biasanya, waktu ketika seseorang menyelesaikan suatu tugas tertentu ketika menggunakan Canva akan cukup memakan waktu.

5. Spotify: Listen to podcasts & find music you love

Aplikasi yang memiliki ribuan musik dan podcast ini memiliki kualitas suara yang bagus dan sangat enak ketika didengar. Pengguna juga dapat memilih lagu sesuka hati atau mengunduh musik yang diinginkan ketika memiliki Spotify Premium. Berbagai macam kualitas dan banyak fitur yang diberikan oleh Spotify merupakan beberapa alasan yang membutuhkan lebih banyak kuota.

6. Aplikasi Facebook

Sebenarnya ketika dilihat sekilas, mungkin aplikasi ini dianggap tidak terlalu memakan kuota besar atau banyak. Sebab hanya berisi berbagai tulisan atau status yang dipasang oleh berbagai pemilik akun Facebook. Banyaknya kuota ketika menggunakannya dikarenakan akibat fitur putar otomatis video yang diaktifkan dan akan memakan lebih banyak kuota.

7. Viu – Korean Dramas, Variety Shows, Originals

Pecinta drama atau film pasti tidak asing dengan aplikasi yang menawarkan hal tersebut secara legal. Salah satunya adalah Viu yang memiliki beragam film, drama, atau variety show lainnya yang dapat diakses dengan mudah hanya dengan kuota. Sayangnya karena aplikasi ini memutar film dengan durasi yang cukup lama, maka juga membutuhkan kuota yang cukup banyak.

Setelah mengetahui, pengguna dapat menghemat kuota dengan meminimalisir penggunaan aplikasi yang boros kuota tersebut. Perlu diketahui pula bahwa aplikasi yang dikatakan boros kuota, biasanya memiliki beberapa ketentuan tertentu ketika menggunakannya. Nah hal ini yang harus diwaspadai oleh pengguna agar tidak lupa waktu ketika membuka aplikasi tersebut.

Baca Juga  Rekomendasi Aplikasi Broadcast WhatsApp Gratis yang Mudah Digunakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *