cara menyapih anak 2 tahun menurut islam

Ini Cara Menyapih Anak 2 Tahun Menurut Islam yang Perlu Diketahui

Islam telah mengatur segala tatanan hidup manusia dari mulai dilahirkan sampai masuk liang lahat. Salah satu fase penting bagi setiap manusia khususnya orang tua adalah saat menyaksikan tumbuh kembang buah hatinya.  Begitu pula mendidik dan merawat anak telah diatur dalam islam sebaik-baiknya termasuk cara menyapih anak 2 tahun menurut islam yang perlu diketahui.

Usia 2 tahun adalah usia dimana anak harus mulai berpindah dari mengonsumsi ASI menjadi makanan padat mudah cerna. Proses inilah yang disebut menyapih. Anak yang sudah terbiasa meminum ASI tentu akan merasa asing dengan varian makanan baru yang masuk ke mulutnya. Agar menyapih berhasil dengan baik, berikut langkah yang bisa diikuti:

1. Niatkan Menyapih Karena Allah serta Untuk Kebaikan Anak dan Ibunya

Segala yang dilakukan harus selalu didasarkan pada niat lillahi ta’ala begitupun menyapih. Karena anak merupakan titipan dari Allah, Ibu harus selalu menyertakan Allah dalam tumbuh kembang anaknya. Meskipun tidak ada doa khusus yang diajarkan Rasulullah ketika akan memberhentikan ASI, ibu bisa membaca doa-doa kebaikan untuk anak yang diajarkan.

Tentunya menyapih sudah direncanakan jauh sebelum usia anak tepat 2 tahun. Ketika merencanakan hal tersebut, hendaknya selalu diniatkan untuk kebaikan anak dan ibunya. Anak yang terlalu lama mengkonsumsi ASI tanpa makanan pendamping lainnya pun tidak terlalu baik. Maka menyapih diniatkan untuk kebaikan keduanya.

2. Selalu Libatkan Anak ketika Proses Menyapih

Walaupun belum bisa berpikir secara rasional, anak sudah mulai bisa diajak berkomunikasi dengan baik ketika memasuki usia 2 tahun. Orang tua bisa menjelaskan kepada anak bahwa ia akan tumbuh dewasa dan tidak bisa lagi menyusui. Teruslah bicarakan dengan anak hingga ia mengerti dengan sendirinya kenapa ia akan disapih.

Baca Juga  Ciri-ciri Dicintai Jin yang Harus Diwaspadai

Biasanya, seorang anak terobsesi untuk menjadi lebih dewasa di usianya yang masih dini. Ini bisa dijadikan alasan kenapa ia harus berhenti disapih. Maka dengan alasan tersebut anak akan merasa harus meninggalkan hal-hal yang membuatnya tidak bisa bertumbuh dan mulai berhenti menyusui sedikit demi sedikit.

3. Tetap Sabar dan Bijaksana

Kadangkala meski telah dikomunikasikan, anak masih belum rela meninggalkan kebiasaan yang sudah ia lakukan sejak lahir. Cara menyapih anak 2 tahun menurut islam harus dilakukan dengan sabar dan tidak ada paksaan. Maka dari itu, menyapih harus dilakukan sebelum usianya tepat 2 tahun karena dalam beberapa kondisi memerlukan proses panjang.

Ibu juga bisa berinisiatif membiasakan anak minum susu melalui botol. Jika anak masih merasa asing dengan susu formula, ibu bisa memasukkan ASInya ke dalam botol tersebut. Gantilah ASI dengan susu formula perlahan dan secara bertahap hingga anak lupa dan mulai terbiasa.

4. Pastikan Sudah Menyiapkan Makanan Pendamping ASI yang Baik

Jika anak merasa tidak cocok dengan makanan yang diberikan saat proses menyapih, bisa jadi anak akan kembali meminta ASI. Untuk menghindarinya, sediakan makanan yang sekiranya disukai anak dan membuatnya lupa pada ASI. Tidak lupa juga untuk memperhatikan kehalalannya.

Islam menganjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang halalan thayyiban agar tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan di kemudian hari. Halal dan thayyib atau baik ini juga perlu diterapkan pada makanan pendamping ASI untuk anak. Apalagi, anak yang berusia dini sangat memerlukan nutrisi yang baik untuk tumbuh kembangnya.

5. Melibatkan Peran Ayah dalam Menyapih

Seorang ayah juga memiliki peran penting dalam merawat anaknya. Karena ikut membersamai dan melihat anak tumbuh, ayah harus selalu kompak dengan ibu dalam hal menyapih anak. Ayah bisa memberikan dukungan moral kepada anak dan mengalihkan perhatian ketika anak minta ASI.

Baca Juga  Kenali Lebih Dalam Ciri Hamil Anak Perempuan Menurut Islam, Perhatikan Detail Kecil Ini!

Cepat atau lambat menyapih harus dilakukan karena tidak selamanya anak akan mengonsumsi ASI. Dengan cara menyapih anak 2 tahun menurut Islam diharapkan proses menyapih tidak akan memberatkan ibu dan anak. Lakukan dengan sabar dan perlahan hingga anak tidak ingin ASI dengan sendirinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *