cara menenangkan bayi menangis menurut islam

Begini Cara Menenangkan Bayi Menangis Menurut Islam yang Harus Diketahui Calon Ibu

Bagi seorang muslimah yang kebetulan sudah memiliki momongan, harus mengetahui cara menenangkan bayi menangis menurut Islam supaya lebih tenang jika masalah ini terjadi. Ini juga menjadi bukti kalau agama Islam benar-benar agama yang universal.

Menenangkan bayi sejatinya tidak boleh sembarangan, apalagi jika melakukannya dengan emosi atau sedang dalam keadaan mood yang buruk. Untuk itu, silakan disimak ulasan berikut tentang cara terbaik dan Islami untuk menenangkan bayi yang aman:

1. Ditenangkan dengan Cara Disenandungkan Sholawat Nabi

Jika menghadapi bayi yang sedang rewel, coba tenangkan dengan cara menyenandungkan sholawat Nabi. Silakan lantunkan dengan suara selembut mungkin dan irama yang benar-benar menyentuh hati. Apabila ini berhasil, bukan hanya bayi tenang tetapi juga bisa tertidur pulas.

Ini akibat dari lantunan sholawat yang memang merdu dan menenangkan jiwa. Orang dewasa saja pasti terenyuh dengan lantunan sholawat apalagi bayi yang tidak berdosa. Pasalnya, shalawat nabi memang merdu didengar dan dapat juga membantu melembutkan hati bayi, sehingga ketika dewasa menjadi orang yang patuh pada agama.

2. Tenangkan Si Kecil dengan Mengusap Lembut pada Bagian Punggung

Kiat atau cara menenangkan bayi menangis menurut Islam yang paling mudah adalah menenangkan si kecil dengan mengusap lembut pada bagian punggungnya. Silakan gendong bayi dengan posisi tegak dan kepalanya bersandar ke dada. Sanggah tubuhnya dengan tangan kiri, dan tangan kanan memberikan usapan lembut pada punggung.

Baca Juga  Ini Cara Menyapih Anak 2 Tahun Menurut Islam yang Perlu Diketahui

Usapan lembut pada punggung bayi bisa memberikan efek relaksasi. Apalagi jika dilakukan sembari menggerakkan badan seiring dengan gerakan tangan yang sedang mengusap. Ini juga sering dilakukan oleh orang tua jaman dulu ketika akan menidurkan si kecil.

3. Perdengarkan Murottal Al Quran

Jika bayi sedang menangis, coba perdengarkan murottal Al Quran kepadanya. Sesuai dengan firman Allah, barang siapa di antara manusia yang mendengarkan ayat-ayat Allah, maka akan tenang hatinya dan bergetar jiwanya serta bertambah keimanannya.

Kalau berkaca pada ayat Al Quran di atas, tentu lantunan murottal bisa membuat bayi yang sedang menangis menjadi lebih tenang. Apalagi jika qori yang menjadi pelantunnya mampu membacakan ayat Al Quran dengan benar-benar fasih dan merdu.

4. Tenangkan Anak dengan Si Ibu Tidak Lepas Wudhu’

Bagi seorang muslimah, usahakan untuk lebih rajin mengambil wudhu’ sekalipun tidak sedang akan mengerjakan sholat. Sebab, air wudhu’ tidak hanya bisa menyegarkan jiwa tetapi tubuh juga juga sejuk dan tenang.

Nah, bukan tidak mungkin, ketika sedang menggendong bayi untuk menenangkannya, aura kesejukan tersebut juga berimbas pada si kecil. Makanya, saat anak sedang menangis, silakan sang ibu berwudu’ dulu dengan niat hati untuk menenangkan si kecil.

5. Menenangkan Si Kecil dengan Cara Menggendongnya

Menggendong merupakan cara paling populer untuk menenangkan bayi yang sedang menangis. Ini juga merupakan cara Islam , karena banyak tarikh nabi yang mengatakan kalau nabi juga pernah menggendong cucu tercintanya Al Hasan dan Al Husein.

Jika bayi menangis dalam gendongan, hatinya lebih tenang karena ada chemistry positif yang dikirimkan oleh ibunya. Nah, jika ini sudah terjadi, tentu si ibu bisa mengiringinya dengan kiat-kiat lain seperti menyenandungkan sholawat maupun membaca ayat-ayat pendek Al Quran dengan tartil.

Baca Juga  Bagaimana Hukum Menggabungkan 2 Niat Puasa Sunnah

Keberadaan cara menenangkan bayi menangis menurut Islam di atas, menandakan kalau Islam merupakan agama universal. Tidak ada satupun dimensi kehidupan yang tidak diajarkan di dalam risalah yang juga menjadi bukti kalau Islam adalah rahmat untuk seluruh alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *