keistimewaan puasa ayyamul bidh

Keistimewaan Puasa Ayyamul Bidh Insyaallah Bisa Masuk Surga

Puasa ayyamul bidh merupakan puasa yang dilakukan pada pertengahan di setiap bulannya yaitu mulai tanggal 13 sampai 15. Ya, puasa ini memang tergolong ke dalam puasa sunah yang mungkin hanya segelintir orang saja yang mengetahuinya. Perlu diketahui bahwa banyak sekali keistimewaan puasa ayyamul bidh yang sayang jika dilewatkan begitu saja. Berikut adalah informasi selengkapnya:

1. Mendapatkan Pahala Seperti Puasa 1 Tahun Penuh

Setiap puasa sunah pasti memiliki keistimewaannya masing-masing. Puasa sunnah ayyamul bidh ini juga memiliki keistimewaan yang sayang sekali jika diabaikan. Salah satu yang paling penting adalah jika melakukan puasa sunah ini, maka akan mendapatkan pahala seperti melakukan puasa 1 tahun penuh.

Perlu dicatat bahwa meskipun mendapatkan pahala puasa selama 1 tahun penuh, namun bukan berarti tidak perlu melakukan puasa bulan ramadhan. Puasa ayyamul bidh merupakan puasa sunnah sedangkan puasa ramadhan merupakan puasa wajib, jadi harus tetap dilakukan.

2. Berpeluang Mendapat Surga Ar-Rayyan

Pintu surga terdiri dari 8 pintu dan salah satu dari pintu tersebut dinamakan Ar-Rayyan. Barangsiapa yang rajin melaksanakan puasa termasuk puasa ayyamul bidh akan memiliki peluang untuk memasukinya. Setiap orang pastinya menginginkan untuk masuk surga, namun tiket surga memang tidak mudah didapatkan karena harus melakukan amalan-amalan baik terlebih dahulu seperti puasa.

Dijelaskan di dalam hadis riwayat Bukhari Muslim yang menjelaskan bahwa nantinya ketika sudah sampai di akhirat, orang-orang yang berpuasa akan dipanggil dan dimasukkan ke dalam surga Ar-Rayyan. Lain halnya dengan orang yang tidak berpuasa akan ditutupkan pintu surga tersebut.

3. Mengurangi Lemak

Lemak jahat yang membuat tubuh menjadi gemuk harus segera disingkirkan, salah satu caranya yaitu dengan rutin melakukan puasa wajib maupun sunah. Keistimewaan puasa ayyamul bidh yang satu ini cocok sekali dilakukan bagi orang yang ingin melakukan diet karena puasa dapat membakar lemak yang ada di dalam tubuh.

TRENDING:  Dajjal Asli Menurut Islam, Ketahui 5 Ciri-cirinya

Tak perlu takut lemas ketika berpuasa karena sebenarnya tubuh tetap melakukan pembakaran glukosa menjadi sebuah energi agar tetap bisa melakukan aktifitas sehari-hari. Cadangan glukosa yang sudah habis dibakar menjadi energi pun akan tergantikan oleh lemak yang ada di dalam tubuh sehingga tak jarang jika setelah berpuasa tubuh menjadi lebih ringan.

4. Memberikan Waktu Istirahat Untuk Pencernaan

Orang yang tidak berpuasa harus rajin makan setiap harinya agar tidak sakit sehingga saluran pencernaan selalu bekerja keras mencerna makanan. Ada kalanya, pencernaan juga harus istirahat agar tidak lelah dan mampu menjalankan fungsinya dengan baik. Selama melakukan puasa ayyamul bidh ataupun puasa yang lainnya, pencernaan manusia dapat sedikit beristirahat.

Puasa merupakan kegiatan menahan lapar dan haus mulai dari pagi hingga petang. Selama seharian penuh tersebut, perut manusia tidak diisi sehingga pencernaan tidak menjalankan fungsinya. Hal ini tentu baik untuk sistem pencernaan manusia karena jam kerjanya teratur dan tidak sering.

5. Menurunkan Berbagai Resiko Penyakit

Makanan merupakan sumber dari segala penyakit yang menggerogoti tubuh manusia. Dewasa ini banyak sekali makanan yang tidak sehat namun rasanya enak sehingga manusia tidak bisa menahan untuk mengkonsumsinya. Lambat laun, makanan tersebut dapat menjadikan penyakit tubuh mulai dari kolesterol, jantung, lambung, usus, dan lain sebagainya.

Berpuasa dapat mengurangi banyak sekali resiko penyakit karena seseorang memakan secara teratur dan makanan yang dikonsumsi pun dapat lebih dijaga. Beberapa anggota di dalam tubuh juga tidak terlalu bekerja keras untuk mengolah makanan sehingga dapat terhindar dari kerusakan.

Tentu saja masih banyak lagi keistimewaan puasa ayyamul bidh yang lainnya namun informasi yang telah dipaparkan di atas dapat mewakilinya. Rajinlah untuk melakukan puasa ayyamul bidh karena banyak sekali khasiatnya yang akan didapatkan dan dapat juga dilakukan sebagai penahan segala nafsu.

TRENDING:  Ingin Tahu Kisah Nabi? Ini Rangkuman Kisah Nabi Musa

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *