memelihara kucing menurut islam

Mengagumkan, Ternyata Inilah Pahala dan Keutamaan Memelihara Kucing Menurut Islam yang Sering Diabaikan

Allah telah mengajari hamba-Nya bukan hanya memuliakan sesama manusia tetapi juga memuliakan hewan sebagai makhluk Allah. Agama Islam memberikan pengajaran kepada umatnya untuk mencintai hewan, tidak terkecuali kucing. Hewan ini memiliki keistimewaan tersendiri dalam Islam lantaran Nabi Muhammad begitu menyayangi hewan ini dan pernah memeliharanya. Siapa sangka jika terdapat banyak sekali keutamaan dan pahala memelihara kucing menurut Islam? Berikut ulasannya:

1. Mendapatkan Rahmat dari Allah

Keutamaan dan pahala memelihara kucing menurut Islam salah satunya adalah mendapatkan rahmat dari Allah. Hal ini sudah dijelaskan dalam sebuah hadis riwayat Bukhari. Pada hadis tersebut dijelaskan jika siapapun yang menyayangi hewan sekalipun hewan sembelihan maka Allah akan memberikan rahmat-Nya pada hari kiamat nanti. Hadis ini menjadi dasar, jika seseorang yang memelihara kucing maka Allah akan memberikannya rahmat.

2. Menjadi Tambahan Timbangan Kebaikan

Keutamaan berikutnya adalah menjadi timbangan kebaikan pada hari akhir nanti. Seseorang yang memelihara kucing atau binatang lain maka akan menjadi tambahan timbangan untuk dirinya sendiri kelak. Dengan memelihara kucing sama saja meyakini ada kebaikan dibalik penciptaan-Nya. Memeliharanya sama saja menerapkan sikap ramah yang dimiliki Allah. Menyayangi makhluknya dengan memberi makan, minum, mengasihani bahkan membersihkan kotorannya akan menjadi pahala sehingga akan menambah timbangan kebaikan nantinya.

3. Menjadi Ladang Sedekah

Menurut sebuah hadis riwayat bukhari muslim, dijelaskan jika siapapun yang menanam tumbuhan lalu dimakan hewan maupun manusia maka itu akan menjadi ladang sedekahnya. Seseorang yang senantiasa senang memberi makan dan minum serta merawat hewan terlebih kucing maka itu akan menjadi ladang sedekah untuknya.

Allah juga melaknat orang-orang yang membuat atau membiarkan hewan menderita lantaran tidak diberikan makan. Seperti kisah seorang wanita yang kekal di neraka lantaran tidak memberi makan seekor kucing hingga membuat kucing tersebut mati kelaparan.

TRENDING:  Kisah Keteladanan Nabi Ibrahim Yang Wajib Ditiru

4. Diampuni Dosanya

Seseorang yang gemar memberikan makan serta merawat kucing dengan penuh kasih sayang maka Allah akan mengampuni dosanya. Seperti kisah dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari, jika terdapat seorang wanita pelacur melihat anjing yang hampir mati kehausan diampuni dosanya lantaran memberikan minum untuk anjing tersebut.

5. Disayangi oleh Para Penghuni Langit

Ini salah satu keutamaan yang begitu mulia lantaran seluruh manusia tak terkecuali pastinya menginginkan disayangi oleh para penduduk langit. Maka dengan memelihara kucing atau hewan lainnya yang diperbolehkan dalam Islam akan mengundang kasih sayang para penduduk langit. Ini sudah diberitakan oleh Allah dalam sabda Rasulullah jika menyayangi makhluk Allah akan mengundang cinta Allah, dan bila Allah telah mencintai makhluknya maka penduduk langit juga mencintainya.

6. Melatih Rasa Empati

Salah satu keutamaan berikutnya adalah melatih rasa empati. Bila memiliki seorang anak yang masih kecil atau adik maka ini dapat menjadi edukasi lantaran dapat melatih empati. Ini lantaran anak akan terbiasa atau terlatih dengan melihat orang dewasa memberi makan, minum, mengelus kucing sehingga akan ditiru anak dan menimbulkan rasa empati. Cukup menarik bukan?

Itulah beberapa keutamaan dan pahala seseorang yang memelihara kucing menurut Islam. Memelihara kucing menjadi sebab seseorang dicintai Allah, penduduk langit hingga Rasulullah. Bahkan Rasulullah sendiri pernah memelihara kucing dan begitu menyayanginya. Adanya pembahasan tersebut berarti memberikan kesimpulan jika memelihara kucing bukanlah suatu perbuatan yang sia-sia belaka, namun malah mengundang hal-hal baik yang mungkin bisa dirasakan suatu hari nanti.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *