cara klaim asuransi bumi putra

Mudah, Ini Panduan Cara Klaim Asuransi Bumi Putra

Perusahan asuransi Bumi Putra menawarkan berbagai jenis layanan proteksi yang terpercaya. Cara klaim asuransi Bumi Putra juga tergolong praktis dan cepat. Klaim dapat dilakukan sesuai kebutuhan dan produk asuransi yang dipakai klien. Berikut akan dibahas lebih lanjut mengenai prosedur klaim asuransi Bumi Putra.

Klaim Biaya Perawatan

Bagi klien yang ingin mendapatkan pertanggungan atas pelayanan rawat inap serta rawat jalan, maka bisa langsung mengajukan klaim. Klaim dapat diajukan sesuai dengan tipe asuransi yang dipilih, cashless atau reimbursement. Jika klien menggunakan metode cashless maka cukup dengan melakukan pembayaran biaya rawat memakai kartu asuransi.

Pada metode pembayaran reimbursement, maka klien harus membayar biaya rawat dengan uang pribadi terlebih dahulu. Kemudian dapat dilakukan klaim dengan mengumpulkan dokumen berupa bukti kepemilikan polis dan kartu identitas. Sertakan juga bukti pembayaran biaya rawat untuk dimintakan klaim ke pihak perusahaan.

Sebelum melakukan klaim, pastikan bahwa perawatan yang diterima sudah sesuai dengan cakupan asuransi. Pembayaran premi juga harus dilakukan secara teratur agar prosedur klaim dapat berjalan dengan baik. Peraturan mengenai klaim untuk rawat inap dan rawat jalan dapat dipelajari kembali lewat dokumen polis.

Klaim Kematian

Layanan asuransi dari Bumi Putra juga menyediakan biaya pertanggungan atas klien yang meninggal dunia. Klaim ini dapat diajukan apabila pemegang polis meninggal dunia padahal masa berlaku polis masih berjalan. Prosedur klaim bisa diikuti oleh pihak keluarga untuk mendapatkan kembali uang premi dan jaminan lainnya yang diberikan oleh perusahaan.

Cara klaim asuransi Bumi Putra bagi klien yang sudah meninggal dunia juga mudah. Pihak keluarga perlu melengkapi beberapa persyaratan dokumen yang dibutuhkan agar bisa segera diproses oleh pihak perusahaan. Berikut adalah beberapa dokumen yang harus dipersiapkan:

  • Dokumen polis asli atau dokumen duplikat apabila polis asli tidak ada
  • Bukti pembayaran uang premi paling baru
  • Sertifikat kematian dari pihak desa
  • Surat kepolisian apabila meninggal karena kecelakaan
  • Formulir pengajuan klaim
  • Kuesioner klaim
  • Surat keterangan dokter atau rumah sakit jika meninggal dunia akibat penyakit
  • Fotokopi kartu keluarga
  • Surat keputusan mengenai ahli waris dari pengadilan negeri
TRENDING:  Ketahui 7 Hal Tentang Asuransi Astra Garda Oto Berikut Sebelum Mencoba:

Syarat dokumen ini dikumpulkan melalui agen asuransi atau langsung ke kantor perusahaan Bumi Putra. Prosedur pencairan dana mungkin membutuhkan waktu untuk memeriksa kelengkapan dokumen dan verifikasi.

Klaim Berakhirnya Kontrak

Metode klaim ini dilakukan jika jangka waktu perjanjian asuransi sudah berakhir namun polis masih berlaku. Dalam hal ini klien sudah melakukan pembayaran premi selama jangka waktu kontrak berjalan. Jika tak ingin melakukan perpanjangan kontrak maka dapat dilakukan klaim. Berikut adalah beberapa dokumen yang harus dikumpulkan untuk melakukan klaim:

  • Dokumen polis asli atau dokumen duplikat jika dokumen asli hilang
  • Bukti asli pembayaran premi terbaru
  • Formulir pengajuan klaim
  • Fotokopi identitas pemegang polis

Dokumen dikumpulkan melalui agen asuransi maupun langsung ke pihak kantor. Perlu diketahui bahwa dokumen polis menjadi syarat mutlak yang harus dikumpulkan. Jika dokumen asli atau duplikat polis hilang maka klien harus menyertakan surat keterangan dari kepolisian. Oleh karena itu penting untuk menyimpan dokumen polis dengan sebaik-baiknya demi kemudahan klaim.

Proses klaim dapat dilakukan dengan petunjuk dari agen asuransi yang terlibat. Mengikuti cara klaim asuransi Bumi Putra berdasarkan petunjuk agen akan jauh lebih praktis. Pastikan untuk membayar premi tepat waktu secara rutin sesuai perjanjian agar proses klaim tidak menemui halangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *