Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi Jiwa Seumur Hidup, Jenis, dan Keuntungan

Sekarang ini orang mulai mengerti pentingnya untuk memiliki asuransi dalam hidupnya. Karena memang hal apapun bisa terjadi secara tiba-tiba. Salah satu layanan asuransi yang lumayan menguntungkan adalah asuransi jiwa seumur hidup. Layanan ini dinilai bisa memberikan banyak manfaat, utamanya bagi yang membuat perencanaan untuk masa depan, karena itu asuransi ini kemudian menjadi tersohor.

Mengenal Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Meskipun menjadi sesuatu yang familiar, namun masih banyak orang yang belum mengetahui tentang layanan ini. Padahal layanan asuransi jiwa seumur hidup pasti dimiliki oleh setiap penyedia layanan ini. Tapi memang namanya tidak setenar yang jenis kesehatan, atau jaminan kendaraan. Karena itu di sini akan dibahas tentang whole life insurance.

Layanan ini adalah bentuk perlindungan untuk konsumen atau pemilik polis selama masa hidupnya. Tentunya untuk mendapatkan perlindungan ini ada ketentuan yang harus dijalani. Ketentuan tersebut adalah melaksanakan kewajiban pembayaran tarif asuransi setiap bulannya. Hal ini harus dilakukan tanpa henti, tujuannya agar layanan ini tetap aktif dan klaim bisa diajukan.

Secara keseluruhan layanan ini memberikan banyak manfaat. Dari mulai tanggungan kematian, lalu jika terjadi kecelakaan, gangguan kesehatan, dsb layanan ini akan memberikan perlindungan. Bahkan di dalam layanan ini juga terdapat manfaat tabungan dan investasi yang bisa dirasakan oleh konsumen. Karena itu sangat sayang apabila asuransi ini dilewatkan begitu saja.

Jenis-Jenis Layanan yang Ditawarkan

Layanan yang ditawarkan ini berbeda dengan manfaat yang diberikan itu hal pertama yang harus konsumen pahami. Untuk layanan ini secara garis besar ada dua jenis yang bisa dipilih. Tentunya kedua-duanya memiliki karakteristik yang berbeda dengan kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Baca Juga  Manfaat Menggunakan Asuransi Jiwa Generali Indonesia Ternyata Begini

1. Asuransi Langsung

Bisa dikatakan ini adalah jenis yang paling umum ditemui. Karena ini merupakan yang tradisional dan sifatnya tetap atau permanen. Melihat sifatnya yang tetap, maka konsumen bisa mendapat gambaran sampai kapan harus membayar biaya asuransi ini. Benar, tariff yang harus ditanggung konsumen untuk asuransi ini adalah seumur hidup atau sampai pemilik asuransi ini meninggal.

Batas usia dari layanan ini adalah 90 – 100 tahun. Jadi kalau ada kondisi khusus seperti pemilik layanan ini melewati batas tersebut, maka layanan akan dihentikan. Tapi jangan khawatir karena saat layanan dihentikan masyarakat akan mendapatkan dana yang dicairkan. Tentunya dana yang dicairkan ini sudah ada tambahan investasinya. Jadi pasti lebih menguntungkan.

2. Pembayaran Terbatas

Lalu selanjutnya ada pembayaran terbatas yang merupakan layanan baru. Karena untuk polis ini tidak harus dibayarkan sampai seumur hidup. Jadi ada namanya batas sesuai dengan namanya. Misalkan saja pemilik asuransi hanya membayarkan biayanya sampai usia 50 atau 60 tahun. Tapi nanti dana yang dibayarkan itu bisa berlaku sampai seumur hidup.

Biasanya jenis ini yang paling banyak dipakai, karena dirasa tidak terlalu memberikan beban kepada penggunanya. Selain itu juga batas waktu yang diberikan lebih jelas dibanding yang sebelumnya. Karena itu banyak yang lebih memilih menggunakan layanan ini. Tapi kembali lagi untuk pilihan disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan konsumen.

Keuntungan yang Ditawarkan

Lalu keuntungan apa saja yang bisa didapat konsumen dari asuransi ini. Tentunya sangat banyak, karena pertama adalah perlindungan seumur hidup. Bisa juga digabungkan dengan layanan lainnya. Memiliki manfaat yang sangat beragam, dan cakupan pengajuan klaim yang cukup luas. Jadi tentunya itu memberikan keuntungan yang sangat luar biasa.

Baca Juga  Bagaimana Perhitungan Nilai Investasi Reksadana dan Tips Agar Untung?

Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mulai mendaftar di layanan asuransi jiwa seumur hidup ini. Karena layanan ini juga bisa digunakan sebagai investasi, dan pastinya memberikan banyak keuntungan di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *