asuransi jiwa inhealth indonesia

Untuk Klaim Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia, Ini yang Perlu Disiapkan

Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia dapat diklaimkan jika masa asuransi telah berakhir ataupun yang tertanggung asuransi tersebut telah meninggal dunia. Namun, banyak yang kurang mengetahui bagaimana cara melakukan klaimnya. Untuk itu, di bawah ini akan dijelaskan apa saja yang perlu dipersiapkan dalam proses klaimnya.

Masa Asuransi Berakhir

Pada asuransi jiwa ada sejumlah perjanjian yang menyebutkan bahwasanya dana yang telah dibayarkan dapat diklaimkan sesuai dengan masa asuransi yang telah disepakati, meskipun pihak yang tertanggung belum meninggal dunia. Dalam melakukan klaim Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia harus dipersiapkan beberapa dokumen yang penting, diantaranya yakni:

1. Formulir Permintaan Pembayaran

Dokumen yang terbilang penting yakni formulir permintaan pembayaran manfaat atau klaim asuransi jiwa tersebut. Formulir ini harus diisi untuk mengetahui secara detail jenis apa asuransi yang digunakan serta segala hal yang melengkapinya. Mulai dari masa perjanjian berakhirnya asuransi, alamat serta hal-hal lainnya.

2. Polis Asuransi Yang Masih Berlaku

Dokumen ini juga penting untuk dipersiapkan ketika hendak melakukan klaim asuransi jiwa. Pastikan polis asuransi tersebut masih berlaku, sehingga dapat memudahkan proses klaim. Cek secara detail tentang masa berlaku polis asuransi tersebut.

3. Tanda Bukti Diri Sah Tetanggung

Selain kedua dokumen di atas, dokumen lain yang mesti dipersiapkan dalam pengajuan klaim asuransi jiwa inhealth Indonesia yakni tanda bukti diri sah. Tanda bukti diri sah ini bisa berupa kartu tanda penduduk ataupun kartu lainnya yang bisa dijadikan rujukan bahwasanya orang dalam dokumen tersebut sebagai tertanggung yang disebutkan di perjanjian asuransi.

4. Surat Kuasa

Dokumen lain yang juga penting adalah surat kuasa. Surat kuasa harus disertakan jika klaim tidak dilakukan oleh tertanggung sendiri melainkan dikuasakan kepada pihak lain. Misalnya, kepada anak ataupun saudaranya. Pastikan surat kuasa tersebut diberi materai yang sah dan ditandatangani kedua belah pihak agar sesuai dengan ketentuan.

TRENDING:  Begini Cara Beli Saham Unilever dengan Aman

Ahli Waris

Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia juga dapat diklaimkan jika pihak yang tertanggung telah meninggal dunia. Maka, prosesnya akan dilakukan oleh ahli waris yang telah diberikan mandat. Untuk menjalankan prosesnya, ada sejumlah dokumen yang harus dipersiapkan antara lain:

1. Formulir Klaim

Formulir klaim asuransi jiwa untuk tertanggung yang sudah meninggal biasanya telah disiapkan oleh pihak Mandiri inhealth. Jadi, ahli waris yang hendak melakukan klaim tak perlu repot mencari formulir lain yang diragukan keabsahannya. Jangan lupa, cek kebenaran formulir tersebut bahwasanya pihak yang mengeluarkan adalah dari Mandiri inhealth.

2. Surat Keterangan Dokter

Dokumen lain yang harus dipersiapkan ahli waris pihak tertanggung yakni surat keterangan dokter yang menyatakan sebab meninggalnya pihak tertanggung. Dengan begitu, tidak ada rekayasa yang seakan-akan dibuat serta ada bukti konkret yang menyebutkan bahwa pihak tertanggung telah meninggal dunia.

3. Surat Keterangan Meninggal Dunia

Surat keterangan meninggal dunia juga wajib dipersiapkan ketika hendak melakukan klaim asuransi jiwa. Biasanya surat ini dikeluarkan oleh pihak pemerintah desa maupun kelurahan setempat. Dalam surat tersebut diterangkan bahwa pihak tertanggung telah meninggal dunia dengan ditandatangani pejabat resmi setempat.

4. Surat Keterangan dari Pihak Berwenang

Untuk dokumen yang satu ini khusus bagi tertanggung yang mungkin meninggal di luar negeri. Maka, harus ada surat keterangan dari Konsulat RI setempat yang menyatakan bahwa pihak tertanggung  telah meninggal dunia. Jangan lupa untuk melegalisir surat keterangan tersebut dalam jumlah lebih dari satu untuk kebutuhan lainnya jika diperlukan.

5. Surat Keterangan Visum

Jika diperlukan surat keterangan visum juga perlu dipersiapkan untuk memberikan kepastian yang konkret. Mungkin saja ada suatu penyebab meninggalnya tertanggung yang membuat surat keterangan visum ini harus diberikan.

TRENDING:  5 Langkah Proses Pencairan Asuransi Astra Life dengan Cepat

Itulah sejumlah dokumen yang harus dipersiapkan untuk melakukan klaim Asuransi Jiwa Inhealth Indonesia. Ada perbedaan antara dokumen bagi pihak tertanggung yang masih hidup serta meninggal dunia. Meski begitu, dokumen-dokumen tersebut mudah untuk dicari. Jangan lupa untuk menanyakan perihal klaim asuransi tersebut kepada pihak yang berwenang mengenai prosesnya agar hasilnya sesuai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *