daftar sekolah kedinasan di indonesia

Inilah Daftar Sekolah Kedinasan di Indonesia Terfavorit

Hingga saat ini, banyak orang yang mencari daftar sekolah kedinasan di Indonesia. Wajar saja jika diamati sekolah kedinasan memang memiliki sejumlah keunggulan dibandingkan dengan perguruan tinggi pada umumnya. Jumlah sekolah kedinasan ini di Indonesia sebetulnya cukup banyak, hanya saja tak banyak orang yang mengetahuinya. Berikut ini adalah ulasan mengenai beberapa sekolah dinas:

1. PKN STAN

PKN STAN termasuk salah satu dari daftar sekolah kedinasan di Indonesia yang berstatus sebagai perguruan tinggi yang dikelola dan dinaungi oleh negara. Sekolah kedinasan diawasi langsung oleh Kementerian Keuangan sehingga mahasiswa berprestasi yang kuliah di sini berkesempatan untuk magang atau praktik kerja di Kemenkeu.

Memiliki pengalaman bekerja di Kemenkeu, meskipun hanya dalam periode magang tentunya akan menjadi pengalaman berharga sekaligus membanggakan. Hal ini dikarenakan tidak setiap orang memiliki kesempatan bekerja di Kementerian, tak terkecuali Kemenkeu. Jenjang kuliah di sekolah ini juga beragam yaitu mulai dari D1 hingga D4.

2. STIS

Berbeda dengan PKN STAN yang program studinya berfokus pada manajemen keuangan, STIS berfokus pada pendidikan statistik dan pengolahan data. Sekolah tinggi yang juga sering disebut Politeknik ini secara resmi dinaungi oleh BPS. BPS adalah lembaga yang selalu melakukan riset untuk mengetahui statistika terkait data kependudukan.

Politeknik ini hanya menyediakan jenjang kuliah D4 saja. Mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan masa studinya akan menerima gelar S.ST. Masa studi D4 sama dengan S1 yaitu 4 tahun. Adapun, yang membedakan studi S1 dengan D4 yaitu fokus pembelajarannya di mana D4 porsi pembelajarannya lebih besar digunakan untuk praktikum sementara S1 fokus untuk mempelajari teori.

3. STIN

Dilihat dari namanya, tidak heran jika STIN ini berada diawasi langsung dan menjadi tanggung jawab BIN. Menariknya, mahasiswa yang menempuh studi di kampus ini tidak hanya digenjot ilmu intelijen saja, tetapi juga dilatih agar memiliki kecerdasan serta kondisi fisik yang tangguh

TRENDING:  Ketahui 7 Hal Tentang Universitas Bina Niaga Bogor Ini Sebelum Menjadikannya Sebagai Pilihan

Wajar saja, kerja intelijen negara selalu berhadapan dengan rahasia dan keamanan negara yang perlu dijaga dengan ketat. Tugas intelijen negara mirip seperti militer. Hanya saja, intelijen lebih melibatkan kecerdasan dalam memprediksi dan mengungkap suatu peristiwa daripada kekuatan fisik.

4. Akmil

Akmil mendidik mahasiswa kedinasan agar menjadi seorang TNI angkatan darat yang tangguh. Kampus Akmil berlokasi di kawasan Magelang. Mahasiswa yang belajar di sini harus bisa menyelesaikan masa pendidikan untuk lulus dan mendapatkan gelar . Dengan demikian, mahasiswa yang telah lulus akan menerima dua gelar sekaligus yaitu gelar S.ST dan pangkat Letda

5. AAL

Masih dari pendidikan militer, sekolah kedinasan berikutnya yaitu AAL yang juga dikenal sebagai sekolah TNI AL. Pada dasarnya, sistem pembelajaran AAL mirip seperti AKMIL di mana mahasiswa akan melaksanakan studi 4 tahun dan dipastikan akan mendapat dua gelar sekaligus ketika berhasil lulus.

Dua gelar tersebut yaitu gelar Sarjana Terapan dan Perwira Letnan Dua. Menariknya program studi AAL lebih bervariasi yaitu terdapat prodi Teknik Mesin Perkapalan dan Manajemen Logistik

6. Akpol

Selain pendidikan militer, sekolah dinas juga meliputi Akademi Kepolisian atau biasa disebut Akpol. Masa studi Akpol ditempuh dalam 4 tahun dengan gelar STK yang akan diberikan kepada mahasiswa yang telah berhasil menyelesaikan masa studi. Selain itu, lulusan Akpol juga akan mendapat pangkat Inspektur Polisi Dua.

Itulah daftar sekolah kedinasan di Indonesia yang perlu diketahui, khususnya bagi yang ingin menjadi bagian dari sekolah dinas. Jika tertarik untuk mendaftar, pastikan selalu mencari informasi terbaru mengenai kapan pendaftaran sekolah kedinasan mulai dibuka.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *