5 Cara Memperbaiki Wifi Di Laptop yang Tidak Bisa Konek

5 Cara Memperbaiki Wifi Di Laptop yang Tidak Bisa Konek

Laptop merupakan perangkat yang digunakan banyak orang untuk melakukan banyak hal, mulai dari mengerjakan tugas hingga menonton serial di internet. Terkadang, laptop dapat mengalami beragam gangguan, salah satunya adalah tidak bisa konek ke WiFi. Untuk mengatasi masalah tersebut, berikut ini adalah 5 cara memperbaiki WiFi di laptop yang tidak bisa konek:

1. Restart Modem

Saat mengalami masalah laptop yang tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi, kebanyakan orang mungkin akan langsung menganggap laptop mengalami kerusakan. Padahal, masalah ini bisa saja bersumber dari modem atau router WiFi. Cek terlebih dahulu apakah jaringan WiFi bisa terkoneksi dengan perangkat lain.

Jika perangkat lain juga tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi tersebut, maka cara yang dapat ditempuh adalah dengan melakukan restart pada modem. Cukup lepaskan kabel dari modem dan tunggu selama 5 menit. Setelah itu, pasangkan kembali kabel dan cek apakah WiFi sudah berfungsi. Jika tidak, segera hubungi teknisi provider WiFi yang digunakan.

2. Mulai Ulang Laptop

Setelah yakin WiFi tidak memiliki masalah, selanjutnya adalah mencari kunci masalahnya pada perangkat laptop. Restart sederhana selalu dapat membantu memperbaiki banyak masalah komputer. Ketika laptop tidak dapat terhubung ke Wi-Fi, pengguna bisa mencoba memulai ulang laptop dan kemudian setelah di-boot ulang, lihat apakah laptop terhubung ke jaringan WiFi.

3. Lakukan Troubleshoot

Windows merupakan sistem operasi yang cukup fleksibel. Ketika pengguna mengalami sejumlah masalah, cukup selesaikan dengan troubleshoot. Ketika laptop tidak bisa konek ke WiFi, masalah ini juga bisa diselesaikan dengan troubleshoot. Cukup klik kanan ikon WiFi di taskbar dan pilih menu troubleshoot, maka laptop akan menyelesaikan masalah secara otomatis.

Baca Juga  Volume Hp Suka Eror? Simak Cara Mengatasi Volume HP Naik Turun Sendiri Berikut Ini_

4. Perbarui Driver WiFi

Keempat untuk cara memperbaiki WiFi di laptop yang tidak bisa konek selanjutnya adalah dengan memperbarui driver WiFi. Pengguna mungkin telah menggunakan laptop selama bertahun-tahun dan lupa untuk memperbarui driver.  Nah, Driver yang ketinggalan zaman dapat menghentikan pengguna untuk terhubung ke Wi-fi.

Pembaruan ulang driver WiFi adalah solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini. Cukup pergi ke Device Manager dan pilih menu Network Driver. Disini pengguna bisa memilih driver mana yang harus diperbarui. Cukup klik kanan dan klik Update maka Windows akan otomatis melakukan update. Jika masih tidak bekerja, pengguna juga bisa menginstall driver secara manual.

5. Matikan VPN

Jika sudah memeriksa semuanya dan belum menemukan solusi, maka ada satu hal lagi yang bisa dicoba. Pengguna yang menginstall VPN di laptop sebagian besar menjalankan fungsi autostart yang menyebabkan VPN bisa berjalan dengan sendirinya. Hal ini menyebabkan akses WiFi menjadi terblokir dan tidak dapat terhubung.

Agar WiFi bisa terhubung, pengguna perlu menonaktifkan VPN terlebih dahulu. Setelah itu, IP pada laptop juga harus di reset. Berikut adalah cara mereset IP:

  • Klik shortcut Windows + R
  • Ketikkan cmd di kolom perintah dan tekan Enter
  • Jika sudah terbuka, ketikkan perintah ipconfig/release dan klik Enter
  • Setelah itu, ketik ipconfig/update dan tekan Enter sekali lagi.

6. Install Ulang Windows

Cara terakhir yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan install ulang Windows. Hal ini akan membuat laptop terlihat seperti baru dan menghilangkan banyak masalah. Sebelum melakukan install ulang, pastikan untuk melakukan backup pada data-data yang sekiranya penting. Jika sudah, maka proses install ulang bisa langsung dijalankan.

Baca Juga  Aplikasi VCS Gratis dan Populer Digunakan di Indonesia

Itulah tadi cara memperbaiki WiFi di laptop yang tidak bisa konek. Koneksi WiFi yang terputus dari laptop memang bisa menghambat banyak pekerjaan. Dengan cara-cara yang sudah disebutkan diatas, masalah tersebut kini bisa diatasi dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *