Cara Mengaktifkan NFC Di Iphone, Mudah Dan Cepat!

Cara Mengaktifkan NFC Di Iphone, Mudah Dan Cepat!

iPhone adalah salah satu brand ponsel pintar yang dianggap cukup prestisius. Hal ini dikarenakan iPhone selalu muncul dengan berbagai macam fitur dan teknologi yang luar biasa seperti NFC dan fitur keren lain. Sayangnua, masih banyak pengguna iPhone yang tidak tahu cara mengaktifkan NFC. Untuk itu, artikel kali ini akan membahas cara mengaktifkan NFC di iPhone dengan mudah dan cepat.

Apa Itu NFC?

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang cara mengaktifkan NFC di iPhone, ada baiknya mengetahui lebih dulu apa itu NFC. Near Field Communication atau NFC diciptakan pada tahun 2002 untuk menambahkan transfer data tanpa kontak ke perangkat seluler. Mendukung 3 mode berbeda, NFC menawarkan berbagai fungsi mulai dari pembayaran e-money, koneksi WiFi, dan berbagai kemudahan lain.

Jika sebagian besar Android mulai menerapkan NFC sejak tahun 2010, Apple baru memulai langkah ini di tahun 2014. Apple menganggap bahwa penggunaan NFC ditahun-tahun awal belum terlalu memiliki banyak pengaruh. Selain itu, NFC versi awal juga rentan terhadap berbagai masalah seperti bug dan isu penyadapan.

Daftar iPhone yang Support NFC

Perlu diketahui, tidak semua iPhone didukung oleh layanan NFC. iPhone yang sudah tidak didukung oleh Apple secara resmi dan sudah mengalami kadaluarsa OS tidak bisa menggunakan fitur NFC. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut adalah daftar iPhone yang support NFC:

  • iPhone 6, iPhone 6 Plus, iPhone 6s, iPhone 6s Plus, iPhone SE (generasi ke-1)
  • iPhone 7, iPhone 7 Plus
  • iPhone 8, iPhone 8 Plus
  • iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, iPhone XS Max
  • iPhone 11, iPhone 11 Pro, iPhone 11 Pro Max, iPhone SE (generasi ke-2)
  • iPhone 12 mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro, iPhone 12 Pro Max
TRENDING:  Inilah 5 Cara Memperbaiki Laptop ASUS, Gampang!

Dengan demikian, seri iPhone 5 kebawah dapat dipastikan sudah tidak mendukung layanan NFC. iPhone 6 bisa menggunakan NFC namun hanya terbatas pada pembayaran Apple Pay. Untuk menggunakan NFC iPhone pada metode pembayaran lain, pengguna wajib upgrade ke seri iPhone 7 hingga iPhone 12.

Aktivasi NFC

Setelah mengetahui daftar iPhone yang support NFC, berikutnya adalah mengetahui bagaimana cara top up dan cek saldo e-money. Untuk melakukan cek pada saldo e-money, cukup buka aplikasi marketplace seperti Tokopedia dan Shopee atau bisa juga menggunakan aplikasi online banking sesuai dengan bank yang digunakan.

Setelah aplikasi diatas dibuka, pilih opsi top up e-money dan pilih update saldo. Akan muncul instruksi untuk menempelkan kartu ke bagian belakang ponsel. Lakukan langkah ini dan beberapa saat kemudian informasi mengenai akun dan sisa saldo akan langsung ditampilkan di layar ponsel.

Setelah saldo dicek, pengguna bisa langsung melakukan top up. Cukup ketikkan nominal top up yang diinginkan dan klik konfirmasi. Sebelum itu, pastikan mengecek bahwa informasi yang diberikan sudah benar. Tunggu beberapa menit dan saldo e-money akan langsung terisi.

Selain untuk pembayaran e-money, NFC di iPhone juga biasa digunakan untuk terhubung ke jaringan WiFi. Layanan WiFi seperti ni biasanya hanya tersedia pada restoran dan hotel-hotel ternama. Pengguna bisa langsung konek ke WiFi hanya dengan menempelkan ke tag WiFi. Dengan begini, pengguna tidak perlu lagi memasukkan password.

Demikianlah tadi informasi seputar NFC di iPhone dan bagaimana cara untuk mengaktifkannya. Harus diakui, bahwa NFC memang memberikan kemudahan dalam kehidupan manusia. Mulai dari pembayaran hingga sambungan koneksi WiFi kini bisa dilakukan hanya dengan NFC.

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *