Inilah 5 Cara Memperbaiki Laptop ASUS, Gampang!

Inilah 5 Cara Memperbaiki Laptop ASUS, Gampang!

ASUS merupakan sebuah merek laptop yang paling banyak digemari terutama di Indonesia. Selain dari harga, merek itu memiliki kualitas yang tak perlu diragukan lagi. Terlepas dari hal itu, laptop tersebut pun dapat mengalami kerusakan. Tenang, banyak cara memperbaiki laptop ASUS ketika mengalami kendala.

Adapun beragam cara yang dapat dipakai mampu ditentukan dari tingkat kerusakan yang dialami oleh laptop. Tingkat kerusakan biasanya berbeda, dapat dilihat juga dari cara perawatan serta pemakaian laptop tersebut. Berikut beragam penyebab serta cara yang dapat dilakukan pada saat laptop ASUS mengalami kerusakan :

1. Berhenti Pada Logo

Monitor hanya menampilkan logo selama beberapa lama? Hal ini tentunya menjadi indikasi awal dari sebuah kerusakan. Coba untuk melepaskan semua aksesoris yang menempel pada laptop, semacam sambungan ke printer, HDD eksternal, serta yang lainnya. Pastikan BIOS yang digunakan sudah diupdate ke versi terbaru.

Menggunakan cara yang mudah untuk mengatasi masalah kerusakan tersebut dapat dengan menjalankan reset CMOS. Pengguna dapat melepaskan adaptor AC serta baterai. Namun untuk baterai, hanya pada tipe laptop tertentu yang mampu dilepaskan, jika tak bisa dilepas, biarkan saja.

Lalu, pengguna dapat mematikan laptop yang dipakai dengan menekan tombol power serta ditahan selama kurang lebih 40 detik. Kemudian, bagi laptop yang dapat dilepaskan baterainya, silakan untuk dilepaskan. Setelah itu sambungkan kembali adaptor AC, lalu klik mulai kembali atau restart laptop yang bermasalah tadi.

2. Tampilan Layar Hitam

Apabila lampu sebagai indikator pada laptop tetap menyala, namun layar masih tetap hitam, pengguna perlu menerapkan cara ini. Tekan tombol kombinasi Fn+F7 yang berfungsi menonaktifkan dan mengaktifkan tampilan di monitor pada beberapa tipe laptop. Jika monitor tidak merespon juga, pengguna dapat menerapkan penyesuaian cerah pada monitor dengan menekan Fn+F6.

TRENDING:  Cara Mengaktifkan NFC Di Iphone, Mudah Dan Cepat!

Pengguna pun bisa mencobanya dengan monitor eksternal, untuk memastikan tidak ada kendala pada tampilan. Kemudian remove perangkat eksternal yang menempel pada laptop, untuk menghindari disfungsi di laptop contohnya lepaskan juga memori laptop. Lalu, melepaskan baterai untuk menjalankan reset CMOS, kemudian pasang lagi baterai serta hubungkan ke adaptor AC dan restart kembali laptop.

3. Mati Total

Terdapat berbagai kendala ketika laptop mengalami mati total, salah satunya karena baterai tanam yang tak bisa menyala.­ Pengguna dapat mencoba memperbaikinya dengan cara mencari lubang kecil yang berada di bagian belakang laptop, posisinya tepat ditengah.

Menekan tombol tersebut hanya bisa dilakukan dengan bantuan benda kecil seperti jarum. Masukkan jarum ke dalam lubang untuk menekan tombol selama 5 detik. Setelah hal itu dijalankan, isi daya pada laptop, kemudian menunggu sampai baterai terisi beberapa persen. Sekitar 10 sampai 15 menit. Pengguna dapat mencoba untuk menghidupkan kembali laptop tersebut.

4. Baterai Bermasalah

Adapun masalah yang sering terjadi pada baterai laptop adalah baterai yang cepat habis atau pun tidak mengisi daya walau sudah disambungkan ke adaptor. Hal tersebut bisa terjadi dengan kemungkinan pemakaian yang berlebihan ataupun memang ada kerusakan yang terjadi pada komponen baterai.

Menerapkan cara memperbaiki laptop ASUS karena kendala baterai dapat dilakukan oleh pengguna sendiri atau pun oleh teknisi. Pengguna dapat memastikan kabel charger tidak bermasalah, seperti tidak ada bagian dalam kabel yang terbuka atau pun ada bagian kabel yang terputus. Setelah hal itu dijalankan tetapi masih bermasalah, pengguna dapat mengganti baterai maupun charger laptop ASUS itu.

5. Monitor Bermasalah

Selain hanya menampilkan layar hitam, masalah yang dapat dialami oleh monitor pun beragam. Seperti terdapat retak pada bagian monitor, hal tersebut dapat terjadi apabila laptop pernah terjatuh dan mengalami benturan yang keras.

TRENDING:  5 Aplikasi Perekam Suara dan Musik Terbaik di Google Play Store

Tampilan monitor menjadi terganggu, karena terdapat bagian yang rusak. Monitor dapat mengalami mati total pada sebagian layarnya atau pun secara keseluruhan. Jika masalah tersebut terjadi, sebaiknya untuk mengganti segera LCD pada monitor.

Kendala pada laptop dapat terjadi kapan saja, sebaiknya rawat dan gunakan laptop dengan baik. Tidak menggunakannya secara berlebihan, serta tetap mempelajari cara memperbaiki laptop ASUS untuk berjaga-jaga. Pengguna juga dapat langsung membawa laptop ASUS ke gerai resmi untuk dilakukan cek bagian laptop yang rusak.

Pencarian Popular

cara nak tenguk ram laptop

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *