bagaimana perhitungan nilai investasi reksadana

Bagaimana Perhitungan Nilai Investasi Reksadana dan Tips Agar Untung?

Bagi yang sudah memiliki Reksadana, sebaiknya mengetahui bagaimana perhitungan nilai investasi Reksadana. Hal ini penting untuk memutuskan apakah investasi selanjutnya harus mengeluarkan dana yang lebih besar untuk membeli saham atau justru sudah waktunya untuk menjual saham.

Sedikit kilas balik, Reksadana adalah salah satu jenis investasi mudah dan dapat dilakukan oleh pemula atau orang yang sama sekali belum pernah berinvestasi. Selain itu, potensi risiko dan kerugian dari Reksadana juga bisa dikatakan masih cukup rendah. Terlebih, Reksadana tidak memerlukan modal sehingga memiliki daya tarik cukup besar di mata masyarakat.

Perhitungan Nilai Investasi Reksadana

Bagaimana perhitungan nilai investasi Reksadana? Pertanyaan ini pasti akan muncul ketika pertama kali bermain Reksadana. Sebelum menghitung nilai Reksadana, setiap investor perlu memahami Nilai Aktiva Bersih atau NAB.

Ini adalah nilai yang menunjukan jumlah keseluruhan dari kekayaan Reksadana yang didapatkan setiap harinya. Nilai ini dapat dilihat dengan menghitung jumlah total dari obligasi, aset, dan dividen. Kemudian, hasil dari perhitungan tadi dikurang nilai Reksadana yang meliputi beban operasional Bank dan MI atau Manajer Investasi.

Untuk lebih jelasnya, mari coba perhitungan dengan sebuah ilustrasi. Misalnya, X memiliki Reksadana dengan nilai Rp3 juta, kemudian NAB dari Reksadana tersebut adalah Rp3 ribu. Maka, unit pernyataan yang akan diterima X adalah (Rp3 juta) : (Rp3 ribu) yaitu 1.000 unit.

Pada suatu hari, Reksadana tersebut ingin dijual dengan NAB yang sudah naik menjadi Rp4 ribu. Karena unit yang dimiliki adalah 1.000, maka NAB tersebut dikalikan dengan total unit sehingga nilai jualnya menjadi Rp4 juta. Untuk menghitung total keuntungan dari modal awal, yaitu harga jual terbaru di pasar saham dikurang harga saat Reksadana tersebut dibeli. Yaitu, Rp4 juta – Rp3 juta = Rp1 juta. Maka, keuntungan yang telah didapatkan X dari Reksadana yaitu sebesar Rp 1 juta.

TRENDING:  Inilah Daftar Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar di BEI, Jangan Sampai Salah!

Tips Mendapat Keuntungan dari Reksadana

Bagi yang mulai tertarik dengan jenis investasi yang satu ini, ada baiknya mengetahui tips agar mendapat keuntungan. Tips ini dapat dilakukan bagi yang ingin mendapat keuntungan dengan tujuan untuk digunakan sebagai dana pendidikan, kesehatan, dan lain-lain. Oleh karena itu, simak beberapa tips di bawah ini:

1. Pilih Platform Terbaik

Kini investasi Reksadana bisa dilakukan secara online sehingga memudahkan investor untuk selalu memantau perkembangan harga saham. Sebaiknya, pilihlah platform terbaik yang sudah terpercaya dan selalu mengupdate informasi terkait Reksadana. Tanyakanlah kepada teman yang sudah memulai investasi dan mintakan rekomendasi platform terbaik.

2. Pilih Jenis Reksadana Sesuai Kebutuhan

Investor bisa memilih berbagai jenis Reksadana saat pertama kali mendaftar. Setiap Reksadana memiliki keunggulan dan kelemahannya masing-masing. Jadi, sebaiknya pahami dulu jenis Reksadana dan pilihlah sesuai kebutuhan serta target yang ingin dicapai.

3. Tentukan Waktu Investasi

Setelah menentukan jenis Reksadana, pastikan juga untuk menentukan waktu investasi dengan tepat. Bagi investor pemula bisa menentukan investasi selama kurang dari 1 tahun. Jika dalam jangka waktu tersebut ada potensi keuntungan lebih besar, maka investasi bisa dilanjutkan.

4. Pilih Reksadana yang Telah Mendapat Izin OJK

Untuk mengurangi potensi kerugian, sebaiknya pilihlah Reksadana yang telah mendapat izin dari OJK. Selain produk Reksadana, pihak pengelola seperti manajer investasi juga harus sudah mengantongi izin OJK untuk membuktikan bahwa layanan yang diberikan bukanlah investasi bodong.

5. Pahami Prospek Reksadana

Bagi setiap investor perlu memahami prospek dalam jangka waktu invest yang telah ditentukan. Untuk memahami prospek tentunya tidak mudah karena investor harus sering mencari informasi terkait dengan Reksadana yang telah dipilih. Ketika mendapat berita buruk yang menyebutkan potensi kerugian, sebaiknya investor segera menjualnya.

TRENDING:  Praktis, Begini Cara Mengakhiri Asuransi BNI Life

Setelah mengetahui bagaimana perhitungan nilai investasi Reksadana serta tips agar mendapatkan keuntungan, maka tunggu apalagi untuk mulai berinvestasi? Jangan ragu, selama investasi dilakukan dengan perencanaan yang tepat serta menggunakan platform terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *