cara mendempul mobil

Lakukan Cara Mendempul Mobil Yang Tergores di Rumah

Saat mengendarai mobil, tanpa disadari dapat terjadi lecet dan goresan yang mengganggu. Pengetahuan mendasar tentang cara mendempul mobil penting untuk diketahui, mengingat saat ini akses untuk melakukan berbagai aktivitas di luar rumah sedang terbatas karena pandemi. Pengguna mobil dapat melakukan sendiri penanganan pada mobilnya, asalkan mengetahui cara melakukannya dengan benar. Ikutilah langkah seperti berikut:

1. Mempersiapkan Bahan dan Mencampurkannya

Persiapkanlah kertas khusus untuk mengamplas atau pasir halus, serta body part fiber. Pastikan bahwa bagian permukaan mobil sudah bersih dan tidak ada kotoran seperti debu yang menempel. Gunakan kain untuk mengelapnya dengan perlahan. Setelah itu siapkanlah tatakan dengan permukaan rata yang akan dipakai mencampur bahan.

Bacalah dengan seksama cara mencampur bahan yang ada di kemasan dempul. Cara mendempul mobil selanjutnya yaitu mencampurkan pengeras beserta dempul dengan takaran yang tepat, sesuai dari petunjuk penggunaan. Sesudah mencampurnya, dempul akan mengalami perubahan warna tergantung dengan merknya, bisa kuning ataupun hijau. Sesudah dempul rata dengan bahan pengeras, tunggu selama kurang lebih 25 menit untuk dapat menggunakannya.

👉REKOMENDED:  Mulai Ukuran Roof Rack Mobil Hingga Keamanan, Inilah yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasangnya

2. Membersihkan Area yang Didempul

Bersihkanlah area mobil yang akan diberikan dempul sembari menunggu proses mencampurkan bahan dempulnya. Caranya dengan memakaikan amplas atau pembersih karat. Lakukan dengan perlahan supaya jamur ataupun kotoran lainnya yang menempel bisa hilang. Apabila terdapat bagian berkarat pada mobil, pengguna juga bisa memakai grinda untuk menghilangkannya. Membersihkan bagian ini penting karena dapat memberikan hasil yang kuat menempel dan lebih awet.

3. Memeriksa Bagian yang Didempul

Lakukan pemeriksaan pada area mobil yang hendak diberikan dempul. Pastikan bahwa tidak ada gelombang, lekukan, atau hal lain yang menyebabkan permukaannya tidak rata. Apabila menemukan yang seperti itu, solusinya adalah diratakan dengan bantuan palu berukuran kecil. Tujuannya untuk mengatasi hasil pendempulan yang terlalu tebal karena permukaan tidak rata.

👉REKOMENDED:  Inilah Penjelasan terkait Umur Aki Mobil Avanza, Pemilik Mobil Wajib Tahu!

4. Menambahkan Hardener

Campurkanlah hardener pada bahan dempul. Hardener disebut juga dengan obat dempul, fungsinya untuk mengeringkan dempul pada bodi mobil secara alami. Cara mendempul mobil berikutnya yakni memastikan campuran hardenernya tidak terlalu banyak, karena jika berlebihan justru dempul bisa terlalu cepat mengering sebelum pengguna selesai meratakannya.

5. Menempelkan Dempul

Tempelkanlah dempul pada area mobil yang bermasalah memakai scrap. Caranya, dempul yang telah bercampur dengan hardener tadi diambil secukupnya kemudian dioleskan secara merata. Lakukan seperlunya, jangan terlalu berlebihan karena akan terlihat tebal. Apabila permukaan mobil yang akan diberikan dempul tergolong lebar, pengguna dapat memakai jidar untuk membuat prosesnya lebih rata.

6. Menarik Dempul Pada Daerah Lekukan

Gunakanlah gergaji kayu agar bisa menarik dempul pada daerah lekukan mobil. Gergaji menjadi pilihan karena tergolong lentur serta mudah untuk dibengkokkan. Meski demikian, jangan keliru untuk menggunakan bagian gigi gergaji ketika menarik dempulnya karena dapat menyebabkan dempul hancur.

👉REKOMENDED:  Inilah Penjelasan terkait Umur Aki Mobil Avanza, Pemilik Mobil Wajib Tahu!

Cara mendempul mobil berikutnya adalah memakai bagian atas atau bagian lurus dari gergaji, sehingga dempul yang tersisa di daerah lekukan bisa ditarik. Lakukan secara bertahap, tunggulah sampai mengering baru memberikan layer kedua sesuai kebutuhan hingga merata. Setelah memastikan dempulnya rata, pengguna perlu melakukan pemplariman sehingga dempul lebih halus dan pori-porinya tertutup sempurna dan bisa diamplas.

Demikianlah tutorial mengenai cara mendempul mobil sendiri. Awalnya mungkin terasa sulit, tapi seiring dengan berjalannya waktu pengguna dapat melakukannya dengan lebih baik. Lain waktu ketika terjadi goresan, pengguna bisa mendempul sendiri mobilnya tanpa perlu membawa ke bengkel sehingga lebih hemat waktu dan biaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *