umur aki mobil avanza

Inilah Penjelasan terkait Umur Aki Mobil Avanza, Pemilik Mobil Wajib Tahu!

Meskipun benda mati, aki mobil juga mempunyai batas umur pemakaian. Setiap tipe mobil memiliki masa umur pemakaian aki yang berbeda. Sebagai contoh, umur aki mobil Avanza rata-rata standardnya berkisar 2-3 tahun. Namun, masa umur pemakaian aki tersebut dapat berbeda antara mobil satu dengan mobil lainnya, meskipun dengan tipe yang sama.

Selain ada  batas umur pemakaian aki, masa aki mobil Avanza juga dapat dipengaruhi karena faktor pemakaian dan perawatannya. Mobil yang memasang banyak aksesori menyebabkan beban listrik pada aki menjadi makin besar. Terlebih jika tidak dilakukan perawatan setelahnya. Oleh karena itu, pemilik mobil Avanza perlu melakukan tips-tips untuk memperpanjang umur aki:

Rata-Rata Umur Aki Mobil Avanza

Belum ada patokan baku terkait berapa batas pemakaian aki mobil Avanza. Ada beberapa pendapat yang menyatakan bahwa aki mobil Avanza, baik kering maupun basah, dapat bertahan rata-rata sekitar 1-3 tahun. Namun, ada pula yang mengatakan sekitar 2-3 tahun. Artinya, standar maksimal umur pakainya yaitu 3 tahun.

👉REKOMENDED:  Mulai Ukuran Roof Rack Mobil Hingga Keamanan, Inilah yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memasangnya

Akan tetapi, umur pakai aki dapat lebih singkat karena beban listrik yang digunakan pada mobil lebih besar. Pemasangan aksesori seperti AC dan radio, dapat memicu terjadinya pengurangan umur aki. Pemilik mobil harus memperhatikan masa penggunaan aki agar bisa ditentukan jadwal penggantiannya.

Tips-Tips Memperpanjang Umur Aki Mobil Avanza

Agar aki Mobil Avanza dapat bertahan lebih lama, pemilik mobil dapat melakukan beberapa tips untuk memperpanjang umurnya. Tips ini bergantung pada kebutuhan pengguna sehingga tidak semua bisa diterapkan oleh setiap pemilik mobil. Sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing, berikut ini:

1. Kurangi Pemakaian AC dan Radio

Pemakaian AC, radio, televisi ataupun alat elektronik lainnya pada saat keadaan mesin mati dapat membebankan listrik berlebih pada aki mobil. Hal ini karena aki akan terus bekerja untuk menghidupkan perangkat elektronik tersebut. Sederhananya, aki tidak memiliki waktu untuk beristirahat. Jadi, jika ingin umur aki mobil awet, kontrol bahkan kurangi pemakaiannya.

2. Jaga Kebersihan Aki Mobil

Layaknya manusia, aki pun juga perlu dijaga kebersihannya. Aki yang kotor akan memperpendek umur pakai. Hal ini dapat dilakukan pada saat mencuci mobil. Setidaknya, usap aki untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel. Terutama kotoran yang ada di bagian terminal aki. Jika kotorannya sulit dibersihkan, cungkil kotoran tersebut dengan bantuan obeng.

👉REKOMENDED:  Lakukan Cara Mendempul Mobil Yang Tergores di Rumah

3. Kendarai Mobil dalam Jarak Jauh

Mendiamkan mobil tidak dikendarai dalam waktu yang relatif lama dapat memperburuk kondisi aki sehingga menyebabkan umur pakainya menjadi lebih singkat. Gunakan mobil untuk melakukan perjalanan yang agak jauh dan sedikit ngebut untuk memperpanjang umur aki. Hal ini bisa terjadi karena komponen yang berfungsi untuk melakukan pengisian aki akan bekerja maksimal ketika RPM tinggi.

4. Lakukan Pen-service-an secara Berkala

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan agar umur aki mobil Avanza bisa lebih lama, yaitu rutin melakukan pen-service-an. Tujuan dari pen-service-an yang rutin ini adalah untuk memantau kondisi mobil, salah satunya aki. Jika suatu saat ditemukan kondisi aki yang buruk, hal itu dapat segera diatasi.

👉REKOMENDED:  Lakukan Cara Mendempul Mobil Yang Tergores di Rumah

Kondisi aki yang sudah sangat memburuk dan tidak segera diatasi akan berakibat pada berkurangnya masa pakai aki. Ketika sudah dalam keadaan demikian, proses reparasi mobil akan mengeluarkan biaya yang cukup besar. Lakukan pen-service­-an aki sesuai anjuran dan prosedur dari pabrik.

Itulah informasi seputar umur aki mobil Avanza dan beberapa tips yang dapat diterapkan untuk memperpanjang masa pemakaian aki. Umumnya, faktor yang paling berpengaruh terhadap umur pakai aki adalah penggunaan dan pemeliharaan mobil tersebut. Selain itu, aki yang bertahan lama juga dapat menghemat pengeluaran si pemilik mobil. Jadi, selalu perhatikan masa pakai dan kondisi penggunaan aki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *