cara cek emas antam asli

Ternyata Begini Cara Cek Emas Antam Asli, Dijamin Akurat

Antam adalah pilihan terbaik bagi yang senang berinvestasi dengan mengumpulkan emas. Wajar saja, mengumpulkan produk dari Antam ini bisa dimulai dengan modal yang sangat murah yaitu dengan membeli seberat 0,1 gram. Bagi yang sudah berinvestasi dengan cara ini pastinya sudah sangat paham dengan cara cek emas Antam asli. Penasaran dan ingin segera mengeceknya? Lakukanlah beberapa cara ini:

1. Amati Fisik Emas

Cara cek emas Antam asli yang pertama yaitu mengamati bentuknya. Lihatlah Apakah produk yang telah dibeli memiliki tanda yang yang bertuliskan kadar emas. Sama halnya dengan produk emas murni, maka produk Antam yang asli seharusnya juga tanda yang sama. Misalnya cap 10 K yang menandakan bahwa emas tersebut memiliki mengandung kadar 10 karat.

Selain dilihat dari bentuknya cobalah untuk memperhatikan warna dari produk tersebut, apakah warnanya berubah jika digosok atau tetap sama. Cobalah gosok pakai jari dan perhatikan baik-baik warnanya. Produk asli tidak akan berubah meskipun digosok berkali-kali selama gosokan tersebut tidak dilakukan dengan benda tajam.

Sedangkan jika palsu warnanya akan menjadi lebih pudar. Selain itu penting juga untuk memperhatikan nomor seri yang terdapat pada produk. Cocokkanlah nomor tersebut dengan nomor yang ada di sertifikat seharusnya produk Antam asli memiliki nomor sama persis dengan yang ada di sertifikat.

2. Cek Lewat CertiEye

Masih ragu dengan produk Antam yang telah dibeli? Kalau gitu, cobalah unduh aplikasi CertiEye untuk menguji keaslian emas. Setelah menginstal aplikasi ini, scan barcode yang terdapat di emas Antam. Jika produk yang discan benar-benar asli, aplikasi ini akan menampilkan tulisan AUTHENTICATED disertai dengan logo Antam.

3. Cek dengan Menggigit Produk

Sebetulnya produk investasi yang ditawarkan Antam ini termasuk jenis logam yang yang yang wujudnya lunak. Kadar kemurnian yang semakin tinggi akan membuat sifat dari produk tersebut menjadi makin lunak. Maka dari itu cobalah untuk menggigit produk demi melihat keasliannya. Tak hanya itu, cara ini juga bisa diandalkan untuk menguji keaslian produk Antam tersebut.

TRENDING:  Apa Itu Go Investasi Emas Gojek dan Bagaimana Caranya_

4. Uji Gaya Magnetik

Masih kurang puas dengan 2 cara tersebut dan masih ragu apakah produk yang telah dimiliki benar-benar asli atau tidak? Kalau begitu Sebaiknya lakukan cara yang satu ini yaitu dengan menguji gaya magnetik atau daya tariknya jika didekatkan dengan sebuah magnet.

Emas adalah material yang tidak memiliki unsur magnetik sehingga seharusnya jika didekatkan dengan magnet, produk Antam tidak akan tertarik. Jadi ketika produk menempel di magnet ketika didekatkan maka bisa ditarik kesimpulan bahwa produk tersebut tidak asli.

5. Goreskan Pada Keramik dan Kertas

Untuk melihat asli atau tidaknya produk juga bisa dilakukan dengan cara menggoreskan emas tersebut pada keramik dan kertas. Produk yang asli tidak akan tergores dan menimbulkan garisan seperti tanda lecet ketika digoreskan dengan benda seperti keramik dan kertas.

Sebaliknya, emas palsu pasti akan meninggalkan bekas ketika digoreskan pada benda seperti keramik dan kertas. Jadi ketika emas tidak menimbulkan goresan setelah digores dengan keramik dan kertas maka kemungkinan emas tersebut asli.

6. Cek dengan Sinar UV

Sama seperti uang emas asli juga memiliki benang pendar. Nah bener bener ini baru bisa dilihat jika ditembakkan sinar UV seperti lampu. Benar-benar ini akan terlihat warna-warni jika terkena sinar UV.

Maka ketika produk dari Antam ini menunjukkan benang pendar yang warna-warni ketika disorot sinar UV artinya emas tersebut asli. Sementara jika tidak bisa jadi produk tersebut adalah palsu.

Demikian informasi seputar cara cek emas Antam asli. Cara ini memang sebaiknya dilakukan bagi yang berinvestasi emas dan mengumpulkannya dalam bentuk fisik. Dengan melakukan keenam cara tersebut paling tidak pengguna emas bisa mengetahui emas asli dan emas palsu supaya tidak tertipu.

TRENDING:  Aplikasi dan Situs untuk Chart Saham Gratis yang Bisa Dimanfaatkan Pemula!

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *