Ini Cara Menghadapi Tetangga yang Jahat Menurut Islam

Ini Cara Menghadapi Tetangga yang Jahat Menurut Islam

Sebagai makhluk sosial tentu tidak terlepas dari bercengkrama dan saling tolong menolong dengan orang lain. Namun terkadang, timbul perselisihan yang mengakibatkan saling benci dan berjauhan. Lalu bagaimana cara menghadapi tetangga yang jahat menurut islam tersebut?

Rasulullah SAW selalu mencontohkan sifat mulia, termasuk berbuat baik kepada tetangga. Beliau bersabda, bahwa itu merupakan simbol dari kesempurnaan sebuah iman. Semakin tinggi keimanan seseorang, maka semakin tinggi pula akhlaknya. Jadi, kalau ada yang berbuat jahat sebaiknya perhatikan hal di bawah ini:

1. Bersabar Terhadap Perbuatan Mereka

Sifat setiap orang memang berbeda-beda, tidak semua harus cocok dengan apa yang dirasa sesuai. Karena begitulah keindahan itu akan terasa. Dari perbedaan akan melahirkan sebuah rasa toleransi. Namun terkadang hal tersebut malah menimbulkan pertentangan. Tidak jarang berujung menyakiti tetangga sekitar.

Jika ada yang berbuat seperti itu, sesuai yang sudah diajarkan Rasulullah SAW, berusahalah untuk bersabar. Ada suatu kisah, dimana seorang laki-laki datang kepada Baginda Nabi dan mengadukan kelakuan tetangganya yang suka mengganggu. Nabi Muhammad hanya menyuruhnya pulang dan sabar.

Beberapa hari kemudian laki-laki itu datang lagi mengadukan hal yang sama. Nabi Muhammad SAW memerintahkannya untuk pulang dan mengeluarkan barang-barangnya. Orang-orang bertanya apa yang dilakukan dan menjelaskan alasannya, hingga tetangga yang jahat itu mendengar. Lalu dia berkata bahwa tidak akan menyakiti lagi.

2. Tidak Membalas Perbuatannya

Buah dari kesabaran memang sangat besar, salah satunya tentu dicintai Allah seperti yang sudah dijelaskan dalam Al-Qur’an. Namun akan bertambah baik jika dibarengi dengan perilaku legowo, tidak ada niat untuk membalas perbuatan jahat dari tetangga. Tidak pula menaruh kebencian.

Jika sikap ini diterapkan, tentu akan timbul keseimbangan tanpa adanya perpecahan. Diam dan mengalah bukan berarti tidak mampu berbuat. Namun lebih kepada menahan hawa nafsu dan emosi agar tidak terjadi hal yang lebih buruk.

TRENDING:  Berbagai Ayat dan Surat Penangkal Ibu Hamil dari Gangguan Setan yang Terkutuk

3. Memberi Hadiah

Sudah didzolimi tapi malah memberi hadiah? cara menghadapi tetangga yang jahat menurut islam satu ini mungkin terdengar tidak masuk akal. Namun begitulah yang diajarkan manusia mulia, Nabi Muhammad SAW. Melalui hal itulah akan timbul rasa cinta dan kekeluargaan yang nantinya bisa melembutkan hati orang-orang tersebut.

Begitu pula seperti nasihat Rasulullah SAW pada Abu Dzar. Baginda Nabi menyuruhnya untuk memasak dalam jumlah yang banyak, lalu memberikan pada tetangga dengan pemberian yang pantas. Sungguh, contoh perbuatan mulia yang harus ditiru.

4. Berbuat Baik

Kejahatan tidak akan berlarut-larut jika dibalas dengan sebaliknya. Berbuat baik pada tetangga yang dzalim tak pernah ada ruginya. Malah semakin mempererat kekeluargaan. Sering bersilaturahmi, mengunjungi jika ada yang sakit, membantu saat membutuhkan pertolongan. Begitu pula jangan pernah membeberkan aib.

5. Mendoakan Kebaikan

Hal terakhir yang harus dilakukan jika ada tetangga yang jahat adalah mendoakan kebaikan baginya. Seperti yang sering didengar, mengharapkan hal baik pada orang lain maka sesuatu tersebut akan kembali pada diri sendiri, begitu juga sebaliknya.

Jangan lupa pula untuk selalu meminta perlindungan dari Allah SWT. Sebagaimana sesuai yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW dan diriwayatkan oleh Imam Ath-Thabrani yang artinya, “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari hari yang buruk, malam yang buruk, saat yang buruk, teman yang jahat, dan tetangga yang jahat di tempat tinggal tetapku.”

Demikian lima hal yang harus dilakukan sebagai cara menghadapi tetangga yang jahat menurut islam. Segala perbuatan baik yang sudah tentu diteladani dari Rasul Allah, Baginda Nabi

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *