Suka Bercocok Tanam Simak Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Islam

Suka Bercocok Tanam? Simak Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Islam

Dalam Islam, semua makhluk hidup memiliki hakikatnya masing-masing sebagai ciptaan Allah. Namun, dalam Al-Quran telah disebutkan jenis tanaman pembawa rezeki menurut Islam. Apakah tanaman tersebut benar mendatangkan rezeki? Menurut penelitian yang telah dilakukan, tumbuhan berikut memiliki banyak keistimewaan yang sangat berguna bagi kehidupan manusia:

1. Tin

Pada surat At-Tin ayat satu, tertulis “Demi buah Tin dan buah Zaitun”. Tanaman pembawa rezeki menurut islam ini disebut secara khusus pertama kali pada Al-Quran.

Buah tin merupakan tumbuhan yang mempunyai kelebihan yang sangat berguna. Kelebihan buah tin ini tentunya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan yang baik pula. Pada dunia kesehatan, buah yang mempunyai kata lain pada bahasa Latin Ficus carica ini mempunyai fungsi yang dapat memberikan kesehatan bagi tubuh.

2. Zaitun

Zaitun adalah tanaman dengan kegunaan yang sangat banyak dan dikenal sebagai buah dengan khasiat istimewa yang banyak digunakan oleh orang-orang.

Selain telah dicatat secara berulang dalam Quran, hasil penelitian juga mengemukakakan bahwa buah zaitun bisa mengurangi resiko kanker serta membuat awet muda. Harga yang sangat tinggi dalam penjualannya, menjadikan zaitun salah satu favorit tanaman pembawa rezeki menurut Islam.

3. Kurma

Makanan yang sering dikonsumsi di dataran Arab dan buah favorit untuk berbuka puasa ini, juga merupakan komoditas ekspor yang besar di berbagai negara tertentu. Bahkan di Indonesia sendiri, Kurma bisa ditanam meskipun tidak sebanyak jumlah yang dihasilkan di tempat asalnya.

Buah ini dijadikan salah satu buah favorit karena memiliki manfaat yang sangat berguna di berbagai bidang kehidupan yang dijalani manusia, seperti mengobati penyakit, mempersubur reproduksi dan lain lain.

4. Anggur

Pada Al-Quran, tanaman anggur sudah sering disebut sebagai tanaman yang mempunyai banyak keistimewaan. Rasulullah SAW menyukai Anggur karena mempunyai keistimewaan mendatangkan kesehatan bagi tubuh.

TRENDING:  Berbagai Ayat dan Surat Penangkal Ibu Hamil dari Gangguan Setan yang Terkutuk

Kelebihan Anggur itu diantaranya adalah membuat jantung tetap terjaga, menjadikan mata lebih kuat, serta mencegah penyakit kanker yang ganas dan membuat otak tetap sehat. Buah anggur memiliki peminat yang banyak, jenis buah anggur pun juga banyak. Jumlah peminat anggur yang besar, membuat buah yang satu ini memiliki harga jual yang tinggi.

5. Pisang

Buah pisang adalah buah yang memiliki banyak cara untuk dapat menikmatinya. Bisa dengan dimakan langsung, dan juga dimasak dengan cara tertentu.

Bahkan bagian lain dari pohon pisang lainnya juga dapat dijual dengan kebutuhan tertentu yang bermanfaat. Dalam sebuah penelitian pisang merupakan buah dengan gizi yang sangat banyak seperti mineral, protein, lemak, air, gula dan vitamin. Pisang merupakan buah yang paling banyak diminati diseluruh dunia dan berbagai kalangan dari yang paling kecil hingga yang paling tua diketahui menyukai buah ini.

6. Delima

Salah satu tanaman pembawa rezeki menurut Islam yang telah dikatakan pada Al-Quran dengan banyak keistimewaan adalah buah delima. Banyak yang memanfaatkan buah delima untuk merawat kecantikan. Selain itu, buah delima mempunyai banyak peminat dan bisa mendatangkan harga komoditi yang lumayan tinggi.

7. Bawang Merah dan Bawang Putih

Bawang merah dan bawang putih adalah tumbuhan yang banyak kelebihan dan khasiatnya. Tumbuhan ini juga dikenal sebagai bumbu masakan yang sering digunakan untuk meracik makanan apapun. Keistimewaannya adalah memiliki aroma khas dan juga dikenal menyehatkan pencernaan.

Banyak warga lokal yang bertani bawang dan membuat tanaman ini sebagai hasil utama pertanian yang juga penopang utama eknonomi di daerahnya. Contohnya Brebes, Jawa Tengah.

Begitulah tujuh tanaman pembawa rezeki menurut Islam yang mendatangkan banyak manfaat dan kegunaan secara langsung bagi tubuh, maupun bisa menjadi alat komoditi dalam berdagang.

TRENDING:  Bagaimana Hukum Menggabungkan 2 Niat Puasa Sunnah

https://1text.com/plagiarismchecker/60d68e6f597e3

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *