Ingin Tahu Kisah Nabi Ini Rangkuman Kisah Nabi Musa

Ingin Tahu Kisah Nabi? Ini Rangkuman Kisah Nabi Musa

Nabi Musa adalah salah satu rasul ulul azmi yang kisahnya diceritakan di tiga agama sekaligus. Dalam islam, kisah Nabi Musa  dituliskan di Al Quran. Lalu, bagaimana rangkuman kisah Nabi Musa yang telah diutus sebagai Rasul Allah? Secara ringkas, Nabi Musa diperintahkan untuk memimpin dan menyebarkan ajaran Tauhid kepada Bani Israil di Mesir untuk beriman kepada Allah.

Namun, dalam menjalankan tugasnya Nabi Musa menemui banyak halangan, dan cobaan, terutama dari kaum Bani Israil dan Firaun. Bagaimana kisah selengkapnya? Simak ulasan berikut:

1. Raja Firaun

Raja Firaun yang merupakan raja Mesir mengatasnamakan dirinya sebagai Tuhan dan melakukan kedzaliman dalam memimpin. Ini adalah salah satu penyebab diutusnya Nabi Musa untuk menyebarkan ajaran tauhid di Mesir. Kekejaman Firaun dapat dilihat dari caranya memimpin Mesir yang menjadikan Mesir salah satu tempat terjadinya maksiat dan tidak tegaknya kemanusiaan.

2. Nabi Musa sewaktu bayi

Nsbi Musa saat bayi sengaja dihanyutkan oleh ibunya karena takut akan kekejaman Firaun dalam menyingkirkan seluruh bayi laki-laki. Hal ini membuat semua orang tua yang memiliki bayi laki-laki harus terpaksa kehilangan anak laki-lakinya.

Bahkan, terdapat ayat yang menyebutkan bahwa ibu Nabi Musa harus mengalirkan putranya bersama aliran sungai demi menjauhkan Musa dari Firaun. Hal tersebut karena untuk menghindari bala tentara Firaun yang akan membunuh bayi laki-laki.

3. Nabi Musa Yang Ditemukan Selir Firaun

Nasib Nabi Musa yang kecil sungguh sangat dirahmati oleh Allah. Dengan kondisi beliau yang diburu oleh banyak tentara Firaun, keselamatan Nabi Musa masih terjamin sehingga aman dalam aliran sungai Nil.

Derasanya aliran sungai Nil tidak membuat kondisi bayi Nabi Musa bahaya, tetapi membawa nasib Nabi Musa mendekat ke Istana Firaun yang dialiri oleh sungai Nil. Hal tersebut membuat bayi Nabi Musa yang mengapung didalam kotak, terlihat oleh dayang Firaun yang kemudian mengambilnya dari aliran sungai.

TRENDING:  Bagaimana Hukum Menggabungkan 2 Niat Puasa Sunnah

4. Nabi Musa dirawat oleh istri Firaun

Saat melihat isi peti yang berisi bayi laki-laki tersebut, para dayang Firaun menyerahkan bayi yang tidak lain adalah Nabi Musa kepada istri Firaun. Istri Firaun yang mengetahui isi di dalam peti tersebut adalah bayi laki-laki yang lucu dan menggemaskan, dan memiliki wajah bercahaya, langsung jatuh hati dan menyayangi bayi tersebut.

Hal itu telah menjadi kehendak Allah dengan menumbuhkan rasa cinta dan sayang kepada bayi laki-laki tersebut, dan Istri Firaun akan mengangkatnya sebagai anak.

5. Nabi Musa menentang Firaun.

Nabi Musa yang telah beranjak dewasa bersama dengan rezim Firaun dan keluarga kerajaan menjadi salah satu yang sangat tidak setuju terhadap kebijakan Firaun. Beberapa kali Nabi Musa mengajak Firaun untuk bertobat dan meninggalkan kekejamannya. Tidak luput, Nabi Musa juga mengajak Firaun untuk menyembah Allah.

6. Nabi Musa bersama Bani Israil menghindari kejaran Firaun

Lanjutan rangkuman kisah Nabi musa berikutnya adalah saat Nabi Musa bersama para umat dan pengikutnya, telah melakukan perlawanan kepada kebijakan Firaun, menjadi sasaran dalam kebiadaban Raja Mesir tersebut.

Setelah melakukan pembangkangan terhadap ajaran Tauhid yang diperintahkan Allah, Firaun bersama para tentaranya mengejar Musa dan pengikutnya untuk memberi hukuman. Nabi Musa dan kaumnya terdesak hingga ke tepi laut merah yang memiliki arus deras.

Akan tetapi datanglah pertolongan Allah SWT dengan memberikan jalan untuk menyebrangi laut merah kepada Nabi Musa dan pengikutnya. Firaun dan bala tentaranya yang ikut menyebrangi laut merah tersebu. Namun, di tengah lautan, Allah kembali menyatukan laut merah. Firaun dan bala tentaranya tidak berdaya dengan kekuatan Allah SWT yang menenggelamkan seluruh kesombongan dan arogansi Firaun tersebut kedalam laut merah.

TRENDING:  Sunnah yang Dilakukan Ketika Bayi Baru Lahir Menurut Islam

Begitulah rangkuman kisah Nabi Musa AS yang bisa diambil hikmahnya. Dengan mengetahui kisah Nabi Musa, umat islam diharapkan agar semakin menjadikan diri sebagai salah satu hamba yang selalu menjaga keimanan dan semakin tawakal dalam hidup.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *