Bagaimana Hukum Menggabungkan 2 Niat Puasa Sunnah_

Bagaimana Hukum Menggabungkan 2 Niat Puasa Sunnah

Apakah ada hukum menggabungkan 2 niat puasa sunnah bagi yang ingin menjalankannya karena suatu kepentingan tertentu?. Lalu apakah terdapat dalil yang menerangkannya secara jelas?. Ibadah puasa merupakan rukun Islam ketiga, yaitu melakukan kegiatan menahan nafsu dan lapar merupakan keutamaan yang diutamakan. Terkadang juga ada halangan untuk yang kurang mampu mengerjakan Ibadah puasa tersebut.

Melakukan Ibadah Puasa di Kemudian Hari Dikarenakan Berhalangan

Pada ajaran Islam, banyak terdapat hal yang bisa memudahkan tanggungan manusia dalam melaksanakan ibadah kepada Allah SWT. Beragam kemudahan yang tersedia dapat dilakukan manusia sesuai dengan ayat Al-Quran dan Hadits Nabi Muhammad SAW.

Cara berpuasa di hari lain karena berhalangan bagi perempuan, juga orang sakit, dapat melanjutkan menggantinya sesuai ketentuan. Hal tersebut juga berlaku bagi orang berusia lanjut dan juga musafir yang melakukan perjalanan.

Mengqadha Puasa Sesuai Sunnah Rasulullah

Terdapat juga Hadis Rasulullah SAW yang mengatakan bahwa dapat mengqadha puasa mengikuti aturan yang benar. Pernyataan tersebut sebagai pedoman aturan meringankan hamba Allah yang memiliki hambatan untuk beribadah puasa saat itu.

Kemudian apakah hukum menggabungkan 2 niat puasa sunnah yang berbeda jenisnya. Ada dua pernyataan terkait perkara tersebut yaitu boleh dan tidak boleh. Yuk bisa disimak berikut ini.

1. Tidak Diperbolehkan Menyatukan Niat Puasa Syawal dengan Niat Puasa Qadha Ramadhan

Telah dikatakan oleh pemuka agama yang memberikan pendapat mengenai melakukan puasa sunnah di awal Syawal. Tidak dianjurkan sebelumnya mengqadha puasa ramadhan yang telah ditinggalkan karena berhalangan.

Perkara tersebut dimaksudkan agar hamba yang beribadah puasa Syawal, dapat meraih pahala puasa seperti berpuasa penuh satu tahun. Sebagai syarat supaya yang berpuasa berhak meraih pahala puasa layaknya berpuasa dengan waktu satu tahun.

TRENDING:  Ciri-ciri Dicintai Jin yang Harus Diwaspadai

2. Tidak Dianjurkan Menyatukan Niat Puasa Qadha Ramadhan Bersamaan Niat Puasa Sunnah Lainnya

Ada juga yang berpendapat kalau menyatukan niat puasa qadha bersama niat puasa sunnah yang lain, sangat tidak dianjurkan. Hal ini dikarenakan keduanya berupa tipe ibadah yang beda dan harus dilaksanakan secara terpisah.

Bahkan berdasarkan fatwa dari Syabakah Islamiyah dikatakan bahwa, “Seorang mengerjakan puasa fardhu, yaitu Ramadhan, Kaffarah, serta puasa lainnya. Belum sah kalau menyatukan niatnya bersama puasa sunnah. Bahwasanya puasa fardhu dan sunnah, tiap-tiap puasa merupakan yang dilaksanakan secara terpisah. Puasa sunnah merupakan bukan salah satu dari puasa yang fardhu. Maka tidak bisa diniatkan secara bersama-sama.” (Fatwa Syabakah Islamiyah nomor 7273)

3. Diperbolehkan Menyatukan Dua Niat Puasa Berbeda

Banyak yang berpikiran bahwa hukum menggabungkan 2 niat puasa sunnah diijinkan. Seandainya puasa sunnah yang dilaksanakan tidak mempunyai hubungan terhadap puasa fardhu yang telah ditinggalkan sebelumnya. Perkara tersebut juga didukung oleh pernyataan yang diriwayatkan Imam Ibnu Utsaimin dalam fatwa As Shiyam 438.

Fatwa tersebut menyatakan sah puasanya bagi seorang hamba yang berpuasa Arafah atau Asyura lalu berkewajiban mengqadha puasa ramadhan. Seandainya telah melakukan niat puasa secara bersama melalui niat mengganti puasa Ramadhan, orang itu akan diberikan pahala dua nilai. Apa saja? Yaitu puasa Arafah ataupun puasa Asyura maupun pahala puasa yang telah diganti.

Hal itu merupakan puasa sunnah saja dan tidak memiliki keterkaitan dengan puasa fardhu lainnya. Jadi bisa ditarik kesimpulan, boleh dilaksanakan dalam menyatukan niat puasa sunnah dan fardhu yang ingin diganti melalui Qadha.

Seperti itulah hukum menggabungkan 2 niat puasa sunnah sehingga dapat dilaksanakan dengan tepat dan jangan dikuatirkan nilai ketetapannya.

TRENDING:  Benarkah Mencukur Pada Area Kemaluan Sunnah, Inilah Cara Mencukur Rambut Kemaluan Sunnah yang Harus Dipahami

Daftar Isi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *